Ngeri.! Apartemen di Tangsel Dipenuhi WNA Tanpa Dokumen

Ngeri.! Apartemen di Tangsel Dipenuhi WNA Tanpa Dokumen (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - Sidak yang dilakukan tim gabungan Kantor Imigrasi, Polri, TNI, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Satpol PP Tangerang Raya mendapati 5 orang Warga Negara Asing (WNA) tanpa dokumen, dan sudah melewati ijin tinggal.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Dedi Budiawan menyatakan, tim gabungan tersebut menyisir setiap cluster dan apartemen yang disinyalir menjadi tempat bermukimnya para WNA.

"Ini (razia yustisi) gabungan mas. Karena menginduk Kantor Imigrasi Tangerang Raya. Di Tangsel sendiri ada 5 orang WNA yang terjaring," kata Dedi saat dihubungi, Kamis (11/7/2019).

"Kelima orang tersebut, kasusnya overstay dan tanpa dokumen. Kejaring di Apartemen Akasa Serpong 4 orang, 1 Senegal, 3 Nigeria. Apartemen Park View 1 orang," tambahnya.

Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik dan Politik UNIS Tangerang Adib Miftahul menyatakan, banyaknya WNA yang memilih apartemen menjadi lokasi bermukim, disinyalir rendahnya pengawasan dari aparatur setempat, terlebih dinas-dinas terkait.

"Ya kalau di apartemen itu kan ijin-ijin tinggalnya ngga serepot kalau tinggal di perkampungan. Harusnya yang perlu dipertanyakan, bagaimana fungsi pengawasan dari aparatur berwenang. Satpol PP, Kelurahan dan Kecamatan," kata Adib saat dihubungi wartawan.

"Ada indikasi, dengan maraknya WNA menyewa apartemen, jangan-jangan ada 'main mata' antara pengelola apartemen dengan aparatur, sehingga pengawasannya dianggap tidak ada sama sekali," pungkasnya. (Ak)