Miris.!!  Anak di Kota Tangerang Menderita Gizi Buruk Sampai 11 Persen 

Miris.!!  Anak di Kota Tangerang Menderita Gizi Buruk Sampai 11 Persen  ((Nonstopnews.id))

TANGERANG - Gizi buruk biasanya banyak ditemukan didaerah pelosok yang masyarakatnya masih dibawah garis kemiskinan. Namun di Kota Tangerang yang nota bene daerah perkotaan, masih saja ditemukan kasus gizi buruk terhadap anak. 

Angkanya pun mencapai 11 persen. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi. 

"Di Kota Tangerang sebanyak 11 persen balita menderita stunting," ujarnya Kamis (1/11/2018), dalam dalam acara Seminar 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dengan tema Pemberian Makan Bayi dan Anak Bergizi.

Seminar yang memberikan edukasi mengenai stunting ini diikuti oleh 500 ibu - ibu tersebut digelar di Gedung Dinas Kesehatan Kota Tangerang. 

Seperti diketahui stunting merupakan kondisi di mana anak mengalami gangguan pertumbuhan. Akibatnya pertumbuhan anak stunting tidak berjalan semestinya seperti tumbuh kembang seusianya. 

Liza menjelaskan Dinkes Kota Tangerang sudah mengambil 1.300 sampel anak dalam kasus ini. Dan hasilnya dari sampel yang diambil itu sebanyak 11 persen anak mengalami gizi buruk. 

"Kalau 11 persen itu masih kecil angkanya. DKI Jakarta saja ada 22 persen balita kena stunting. Ini masih kami tekan lagi, dengan membuat berbagai macam program seminar serta penyuluhan," kata Liza. 

Liza pun mengklaim angka gizi buruk terhadap anak mengalami penurunan. Pada tahun 2017 kemarin mencapai 23 persen kasus stunting. (red)