Mengontrol Kolesterol Tinggi, Ini 5 Kesalahan Paling Sering Dilakukan

Mengontrol Kolesterol Tinggi, Ini 5 Kesalahan Paling Sering Dilakukan ((Ilustrasi/Net))

Oleh : dr. Alvin Nursalim

JAKARTA - Banyak orang melakukan kesalahan ketika mengontrol kolesterol tingginya. Apa saja yang harus dicermati?

Tentu Anda sudah tahu bahwa kolesterol tinggi berhubungan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah otak. Namun sayang, banyak yang masih melakukan kesalahan ketika berusaha mengontrol kolesterolnya. 

Kesalahan dalam cara penurunan kolesterol dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan, atau justru meningkatkan kolesterol. Apa saja kesalahan yang umum dilakukan?

Tidak memeriksakan kadar kolesterol darah

Langkah pertama untuk mengontrol kolesterol adalah dengan memeriksakan kadar kolesterol. Anda tidak dapat mengobati sesuatu tanpa mengetahui kadar kolesterol yang dimiliki. Karena itu, jangan ragu memeriksakan kadar kolesterol Anda.

Tindakan memeriksakan kolesterol juga penting untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang dan menentukan langkah yang perlu dilakukan. Pada keadaan kolesterol yang sangat tinggi, maka pemberian obat-obatan diperlukan.

Makan banyak karbohidrat

Banyak orang yang berpikir bahwa mengurangi kadar kolesterol dapat dilakukan dengan mengurangi asupan lemak, dan diganti dengan karbohidrat. Asupan karbohidrat, seperti nasi atau roti, dalam jumlah berlebihan juga berpotensi menyebabkan kenaikan kadar kolesterol.

Diet terlalu ketat

Tak sedikit orang yang melakukan kesalahan ketika mengatur pola makan untuk menurunkan kolesterol. Mereka menganggap bahwa dengan melakukan diet ketat, maka dirinya sudah melakukan diet rendah lemak.

Padahal, dengan jumlah kalori yang terlalu sedikit, jumlah kalori yang masuk ke tubuh tidak seimbang dengan pengeluaran kalori. Melakukan diet ketat juga dapat menyebabkan kekurangan berbagai zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Diet kurang serat

Salah satu yang sering dilakukan saat diet rendah kolesterol adalah jumlah serat yang tidak diperhatikan. Serat adalah bahan makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Karena itu, hampir sebagian besar serat akan dikeluarkan saat buang air besar.

Jumlah serat yang cukup tidak hanya baik bagi kesehatan saluran cerna, tetapi juga menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi serat juga bermanfaat dalam memperlambat penyerapan gula dari makanan, sehingga mencegah lonjakan gula darah pada penderita diabetes.

Menunda minum obat

Salah satu kesalahan yang sering dihadapi oleh penderita kolesterol adalah menunda minum obat. Pada keadaan kolesterol yang sulit ditangani dengan perubahan pola hidup, maka pemberian obat-obatan adalah pilihannya. Jangan takut untuk mulai minum obat, karena menunda minum obat justru dapat memicu peningkatan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kini, Anda sudah memahami apa saja kesalahan yang sering dilakukan orang dalam mengontrol kolesterol tingginya. Apakah Anda memiliki kolesterol tinggi? Jika Anda mengalaminya, berikut ini beberapa tips mengurangi kadar kolesterol Anda:

Kurangi asupan makanan yang digoreng. Perbanyaklah makanan yang diolah dengan cara direbus dan dikukus. Hindari makanan yang banyak mengandung kolesterol, seperti kulit ayam, daging berlemak, kuning telur, cumi, dan udang. . Jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah olahraga aerobik yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Contohnya, jalan kaki, bersepeda, senam, dan renang. Lakukan olahraga secara rutin sebanyak tiga kali seminggu.

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, tak hanya diperlukan niat tetapi juga pengetahuan yang cukup mengenai hal-hal yang boleh maupun yang tidak boleh dilakukan. Hal ini penting agar Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang malah dapat memperburuk kadar kolesterol. 

Ingat, selain pola makan yang tepat. jangan lupa untuk berolahraga untuk mendapatkan hasil yang optimal. (klikdokter/am)