Mana yang Lebih Hemat, Mencabut Kabel Listrik atau Dibiarkan Standby?

Mana yang Lebih Hemat, Mencabut Kabel Listrik atau Dibiarkan Standby? (Ilustrasi : Net)

LIFESTYLE - Banyak cara untuk mengakali tagihan listrik yang melonjak. Salah satunya dengan bijak menggunakan listrik di rumah.

Bahkan ada beberapa tips seperti mencabut kabel peralatan listrik jika tak diperlukan. Namun apakan cara tersebut efektif untuk memangkas tagihan listrik?

Sebenarnya ada hal yang benar-benar harus kita perhatikan, yakni waktu pemakaiannya.

Bila meninggalkan peralatan listrik hanya dalam jangka waktu 1—2 jam, gunakan fitur stand by. Dengan begitu, Anda bisa menghindari lonjakan daya yang bisa membuat boros.

Jika meninggalkannya dalam jangka waktu yang lama, barulah Anda cabut kabelnya. Pertimbangan stand by dan cabut kabel juga dilihat dari segi teknologi peralatan elektronik yang kalian miliki.

Peralatan elektronik zaman dahulu, seperti televisi tabung, mengkonsumsi listrik cukup besar jika dibiarkan menyala. Untuk itu, ambil sikap cabut kabel.

Kini, dengan adanya teknologi terbaru, peralatan elektronik pun dilengkapi dengan fitur stand by tozero. Cukup mengondisikan peralatan elektronik di posisi stand by, arus listrik terhenti sama seperti dalam keadaan off.

Fitur ini bisa dilihat pada televisi LED teknologi paling akhir. Bila memiliki tlevisi yang seperti ini, disarankan untuk memilih stand by.

Bagaimana Sobat? Jangan salah pilih mode untuk hematlistrik ya! (uc/red)