Langganan Banjir Bikin Galau, Warga Pegadungan : Lurah Ngapain Aja Ya? 

Langganan Banjir Bikin Galau, Warga Pegadungan : Lurah Ngapain Aja Ya? 
Langganan Banjir Bikin Galau, Warga Pegadungan : Lurah Ngapain Aja Ya? 
(Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Banjir akibat hujan deras yang terjadi kemarin, Jumat (25/1/2019) di jalan Kumbang, RW 07, Pegadungan, Kecamatan Kalideres masih menyisakan rasa was-was dan kegalauan bagi warga.

Pasalnya, banjir sebetis hingga sedengkul orang dewasa itu selalu menghantui warga, khususnya warga di sekitar jalan Kumbang, Pegadungan yang berlokasi disekitar kawasan perumahan Puri Gardenia. 

Warga yang ditemui, Rosyana (28) mengungkapkan, banjir selalu menggenangi jalan bahkan sampai rumah yang ia tinggali. Saat musim hujan tiba, ia selalu dihantui rasa was-was kekhawatiran kebanjiran. 

"Tiap musim hujan, was-was mas. Pasti bakal kebanjiran lagi. Pasti capek lagi karena mau kemana-mana juga susah," ungkapnya kepada Nonstopnews.id, Sabtu (26/1/2019).

Wanita yang bekerja di daerah bandara Soetta itu mengatakan, banyak warga yang khawatir akan terjadi penyakit akibat banjir. 

"Ngeri mas, takut ada penyakit. Apalagi ini musim demam berdarah kan, lagi rame juga di berita," ujarnya. 

Warga lainnya, Madasah (47) menambahkan, dirinya menyesalkan tak ada upaya kongkrit dari pihak kelurahan dan dinas terkait penanggulangan banjir yang bersifat langganan ini. 

"Ini banjir kan langganan, tiap musim hujan ada. Masa ga ada cara gimana kek, biar ga banjir lagi. Ini kan tugas kelurahan yang dibiayai negara. Lurahnya ngapain aja?," tanyanya kesal. 

Saat ditanya soal solusi mencegah banjir dengan jalan harus ditinggikan, Madasah tidak terlalu setuju. Menurutnya harus diteliti terlebih dahulu, karena banyak rumah warga jadi lebih rendah ketika nanti jalan ditinggikan. 

"Lihat noh mas contohnya di jalan Waru kelurahan Kalideres, ketika jalan ditinggiin, yang ada malah bikin masalah lagi, air masuk kerumah warga kalo hujan," jelasnya. 

Dirinya berharap, pihak terkait mengkaji lebih dalam dulu soal solusi untuk mencegah banjir agar warga tak ada yang dirugikan.

Sebelumnya, Ketua RT 03/07, Pegadungan Purwanto mengatakan, banjir yang terjadi di wilayah itu disebabkan banyaknya saluran air yang tidak berfungsi.

"Kami berharap agar saluran air maupun tempat pembuangan di lokasi ini yang tertutup oleh tembok perumahan dibenahi dan di buatkan sodetan untuk pembuangannya, supaya air bisa mengalir ke saluran air jalan secara normal,"ucap Purwanto, kemarin. 

Lurah Pegadungan, Jumat (25/1/2019) Sulastri juga mengatakan dengan jawaban normatif, banjir disebabkan karena saluran air yang sudah mengecil dan curah hujan yang tinggi sejak semalam.

"Mengantisipasinya adalah meninggikan jalan oleh Bina Marga dan memperbesar ukuran saluran air yang ada oleh dinas SDA," jawabnya singkat. (man)