KPU Tangsel Siapkan Hampir 9 Ribu Bilik Suara

KPU Tangsel Siapkan Hampir 9 Ribu Bilik Suara (Rena/Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali menerima sebanyak 2.889 bilik suara menjelang H-25 Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.

Selaku Komisioner KPU divisi data dan perencaan Ajat Sudrajat mengatakan, pihaknya telah menerima kelengkapan jumlah bilik suara yang akan di gunakan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah ditetapkan.

“Sekarang sudah komplit sudah diterima, dari penerimaan sebelumnya 6.000 bilik suara sekarang 2.889 bilik suara maka jumlahnya 8.889 bilik suara,” tegas Ajat melalui panggilan telephone, Jumat (13/11/2020).

Selanjutnya Ajat menuturkan,
ada beberapa logistik Pilkada yang sudah diterima dan dilakukan penghitungan secara langsung. Akan tetapi, ada beberapa logistik yang belum diketahui rinciannya.

“Tinta sudah diterima, nantinya satu TPS dua botol tinta jadi jumlahnya 5.926 sedangkan kotak suara satu TPS satu jumlahnya 2.963, saya belum kelapangan lagi itungan real nya saya baru tau yang dihitung baru itu,” jelasnya.

Lanjutnya, logistik yang telah terdistribusi di KPU Tangsel, dibiaya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sedangkan protokol kesehatan dibiaya Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Untuk logistik kita dari APBD rincinya saya kurang tau berapa, kalo protokol kesehatan seperti beberapa komponen yang telah tersedia di gudang KPU kecuali baju hazmat dan thermogun itu besarannya 28,5 Milyar dari APBN,” ujarnya.

Sementara hingga H-25 Pilkada Tangsel, masih terdapat sejumlah logistik yang belum tersedia dia hanya memastikan akan tersedia dan terdistribusi seluruhnya ke TPS paling lambat H-1 sebelum pencoblosan.

“Yang lain belum pokoknya di akhir bulan November sudah beres semua kebutuhan logistik termasuk surat suara karena kan pengiriman logistik itu paling lambat satu hari sebelum hari H sudah sampai di TPS,” tutupnya. (Rn)