Kota Tangsel Setara Eropa, Datangkan Mobil Damkar Rp 21 M Buatan Finlandia 

Kota Tangsel Setara Eropa, Datangkan Mobil Damkar Rp 21 M Buatan Finlandia 
Kota Tangsel Setara Eropa, Datangkan Mobil Damkar Rp 21 M Buatan Finlandia 
()

 

NONSTOPNEWS.ID - Pemerintah Kota Tangsel membeli mobil pemadam kebakaran (damkar) super canggih. Salah satunya adalah kehadiran mobil tangga pemadam kebakaran bertaraf Eropa, buatan pabrikan Scania, Finlandia.

Saat menjajal dengan menaiki tangga mobil damkar tersebut, di Halaman Kantor Puspemkot Tangsel, Ciputat, Kota Tangsel, Jumat (11/1/2019),  Walikota Tangsel Airin  dibuat terheran-heran. 

“Masih harus belajar untuk pengoperasiannya, agar lebih efektif kegunaan mobil tersebut,”ungkapnya.

Airin menjelaskan, kepadatan penduduk di Tangsel menurut data BPS yakni 1.5 juta sehingga mendorong pembangunan tempat tinggal vertikal keatas.

"Tangsel sekarang ini, sudah banyak tumbuh gedung dan hunian yang vertikal. Perlu sarana dan prasarana yang bisa menjangkaunya waktu terjadi kebakaran,” katanya. 

Airin menambahkan dengan adanya gedung gedung tinggi maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat salah satu tugas fungsinya adalah meningkatkan pencegahan dan antisipasi apabila terjadi kebakaran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Kota Tangsel, Uci Sanusi menyatakan perakitan mobil sampai selesai memakan waktu selama 300 hari. 

”Mobil ini, dikirimkan dan diproduksi dari Filandia. Nantinya bisa lebih efektif menangani kabakaran di hunian bertingkat,” terangnya. 

Diketahui, mobil damkar ini kapasitas mesin 3100 CC , dan mempunyai panjang tangga 37 meter dan mampu bermanuver berputar 360 derajat . Selain mampu berputar full 360 derajat mobil damkar ini juga mampu menjangkau baik secara vertikal dan horizontal.

Mobil Damkar berjenis Bronto Skylift P310 tidak hanya menjangkau ketinggian 37 meter saja, mobil ini juga mampu menjangkau gedung gedung bertingkat mempunyai sistem penyelamatan fighting dengan kenampuan penyemprotan 4500 liter permenit.

Dalam uji coba peresmian tersebut, hadir Direktur Unit Bronto, Benny, Asisten Daerah III  Teddy Meiyadi , Kepala Dinas Damkar Tangsel Uci Sanusi, Kepala Bidang Humas Tangsel Irfan Santoso. (ak)