Kompolnas Jepang Kunjungi Kompolnas RI, Ini Hal Penting Dibicarakan

Kompolnas Jepang Kunjungi Kompolnas RI, Ini Hal Penting Dibicarakan (Keakraban antara kedua Kompolnas Jepang dan RI/hw)

KEBAYORAN - Tim the National Public Safety Commission (Kompolnas Jepang) melakukan kunjungan ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) RI. Dalam kunjungan yang dipimpin oleh Shiichi Kitajima serta para pejabat tinggi Kepolisian Negara Jepang yaitu Noboru NAKATANI (Deputy Director General for International Affairs), Yoshihiro SHIKAE (Deputy Office of Executive Assistant), Masataka NAGAKANE ( Chief of Section International Affairs Division) disambut baik oleh Kompolnas RI.  

"Kunjungan kerja dari Kompolnas Jepang sangat membanggakan, karena Kompolnas Jepang adalah model bagi Kompolnas Indonesia yang dirancang dan ditetapkan dalam Sidang Umum MPR RI tahun 2000 karena adanya tuntutan Rakyat untuk dilakukannya Reformasi di Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai ini," ujar Bekto Suprapto selaku Sekretaris sekaligus anggota Kompolnas dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis(9/7/2018)

Lanjut Bekto menjabarkan sama halnya dengan Kompolnas RI, Kompolnas Jepang adalah komisi yang berfungsi untuk menjamin netralitas sistem kepolisian di Jepang, dengan memisahkan polisi dari dari campur tangan dan tekanan politik, serta memastikan dilaksanakannya metode administrasi kepolisian yang demokratis. 

"Kita berharap kunjungan ini dapat mempererat persahabatan Kompolnas Jepang dan Indonesia, dan bisa saling tukar pengalaman tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, serta mengawasi bantuan kerjasama pembangunan  antara Jepang dengan Indonesia melalui JICA kepada POLRI terkait dengan Pemolisian Masyarakat," tuturnya.

Selain itu, dalam kunjungan tersebut turut hadir pejabat JICA Mitsuhiro OHARA (Program Manager of the Support Program for Indonesia Police) serta diplomat dari Kedutaan Besar Jepang Ryo TAKEDA. 

Bekto juga mengungkapkan, sebelumnya Kompolnas RI juga menerima kunjungan kerja dari the National Police Commission of the Republic of Korea (Kompolnas Korea Selatan) pada Rabu(4/7/2018).

Dengan begitu, dari hasil kunjungan kedua komisi tersebut  diharapkan dapat membuka pintu bagi para pemangku kepentingan di Indonesia untuk memperkuat kewenangan dan mempertegas kedudukan Kompolnas Republik Indonesia sebagai sebuah Lembaga Non Struktural yang lebih mandiri dan profesional.(hw)