'Kode-kode' WH Untuk Jokowi,  Ada Apa? 

'Kode-kode' WH Untuk Jokowi,  Ada Apa?  ()

TANGERANG - Dalam pembagian sertifikat gratis, di gedung ICE Serpong, Rabu (26/9/2018) kemarin, Gubernur Banten Wahidin Halim memuji program-program Presiden Joko Widodo dihadapan masyarakat Banten.

Ia berharap, program tersebut bisa terus dilanjutkan. Acara yang dihadiri 10.000 masyarakat Tangerang Selatan dan kabupaten Tangerang ini, berlangsung meriah. 

WH awalnya memuji kebijakan Jokowi yang membuat masyarakat bisa mendapatkan sertifikat atas tanah secara cepat dan gratis.

"Catatan saya, ketika saya disini, kalau tidak salah, untuk tahun lalu sjaa 400.000 sertifikat yang diserahkan secara gratis," kata WH.

"Dulu begitu sulitnya masyarakat untuk mengurus sertifikat," tambah dia.

Pria yang sering memakai topi koboy itu juga memuji program Jokowi yang lain seperti Kartu Indonesia Pintar serta Program Keluarga Harapan.

Menurut dia, banyak masyarakat Banten sudah merasakan manfaat dari program-program sosial di era Jokowi-Jusuf Kalla itu.

"Artinya apa, program ini harus dilanjutkan, harus diteruskan," kata WH.

Terakhir, Wahidin Halim juga memuji sosok Jokowi yang menurutnya sangat menyatu dengan rakyat.

Misalnya, kata dia, pada acara pembagian sertifikat ini, Jokowi sekitar 30 menit menghabiskan waktunya untuk bersalaman dan berfoto bersama masyarakat yang hadir.

"Pak Presiden mau menyalami seluruh rakyat," kata WH.

Dikonfirmasi seusai acara, Wahidin Halim membantah ia mengampanyekan agar Jokowi dipilih lagi di Pilpres 2019.

Ia mengaku hanya menyampaikan fakta-fakta kepada masyarakat mengenai kerja Jokowi selama ini.

"Rakyat yang akan menilai, bahwa Pak Jokowi sudah memberikan bantuan PKH sekian, infrastruktur sekian persen," kata kader Partai Demokrat ini.

WH yang sebelumnya sempat disebut-sebut masuk dalam tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin pun enggan berkomentar lebih jauh soal arah dukungannya di Pilpres 2019.

"Itu soal pribadi, no comment," kata dia.

Sebelumnya Wakil Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf Abdul Kadir Karding mengungkapkan, Wahidin Halim sudah menjalin komunikasi informal dengan Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf.

"Kalau Pak Wahidin emang secara informal sudah menyampaikan kepada kami bahwa Insya Allah akan bersama-sama kami mendukung Pak Jokowi, khsusunya bersama rakyat Banten," kata Karding saat dihubungi, Selasa (11/9/2018).

Terkait hal ini pengamat komunikasi politik TSJ CIRCLE, Tamil Selvan menilai sebaiknya kepala daerah fokus kepada target kerja di wilayah dari pada hanyut dalam ritme pilpres.

"Daerah membutuhkan kehadiran kepala daerah secara fokus, sehingga sebaiknya kepala daerah fokus bekerja guna mengimplentasikan janji-janji politiknya, dari pada ikut dalam alunan dukung mendukung calon di pilpres" ujar pria yang akrab disapa Kang Tamil ini, Kamis (27/9/2018).

Pujian Wahidin Halim kepada Jokowi ini dinilai Kang Tamil bukan suatu hal yang berlebihan, namun Banten masih memiliki segudang PR yang harus dituntaskan.

"Pujian itu hal biasa, tapi alangkah bijaknya jika komunikasi itu diisi hal-hal yang bermanfaat bagi kemajuan Banten. Dan saya kira Pak Jokowi bukan orang yang bisa dirayu-rayu dengan pujian" tutup Kang Tamil. (red)