Kerja Sama Pola Kemitraan Bank BJB Sasar Pengembangan Peternak Banten

Kerja Sama Pola Kemitraan Bank BJB Sasar Pengembangan Peternak Banten ()

NONSTOPNEWS.ID - Bank BJB melaksanakan penandatanganan kerjasama (PKS) kemitraan pembiayaan KUR mikro kepada peternak binaan PT Agro Niaga Global. Penandatanganan tersebut dalam rangka mendukung optimalisasi potensi peternakan di Provinsi Banten.

Kerjasama antara Bank BJB dengan PT Agro Niaga Global tersebut bertujuan untuk meningkatkan skala usaha peternak domba dan kambing dengan metode kemitraan dari hulu hingga hilir, Rabu (13/1/2021).

Bank BJB menilai, penandatanganan tersebut dilakukan lantaran Provinsi Banten dikenal sebagai salah satu produsen hewan ternak terbesar di Indonesia. Bahkan, potensi ekonomi usaha ternak ini juga terbilang sangat besar dan telah menjadi andalan pemasukan bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank BJB, Denny Mulyadi menuturkan, langkah pembiayaan dengan pola kemitraan yang dilakukan Bank BJB tersebut merupakan perwujudan dari komitmen perusahaan dalam mendorong laju perekonomian daerah, khususnya di Provinsi Banten.

Selain mendorong perekonomian daerah, langkah tersebut juga sekaligus menjadi bentuk dukungan penuh terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada sektor ketahanan pangan yang terbukti tanggung di tengah tantangan pandemi.

"Bank BJB akan terus memberikan dukungannya terhadap berbagai upaya pemulihan dan peningkatan perekonomian masyarakat melalui fasilitas perbankan dan program pembinaan terpadu bagi masyarakat," terang Denny Mulyadi kepada wartawan.

Kendati demikian, dengan adanya penandatanganan kerjasama itu, Bank BJB menilai peningkatan permodalan yang diperoleh petani melalui kerja sama pola kemitraan ini akan mempermudah langkah pengembangan usaha peternak.

Pengembangan tersebut khususnya dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas hewan ternak di Banten akan menjadi semakin kompetitif.

Sementara, Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB, Widi Hartoto menjelaskan, dalam kemitraan tersebut, Bank BJB dalam praktiknya memberikan dukungan dari masa awal pemeliharaan hingga pemanfaatan hasil ternak.

"Menjadi salah satu komitmen Bank BJB dalam berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong kemajuan UMKM. Diharapkan dengan suntikan permodalan dari pemanfaatan fasilitas layanan dan jasa keuangan perbankan dari Bank BJB, para mitra pelaku UMKM bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih baik," tutur Widi Hartoto.

Seperti diketahui, penandatanganan kerjasama kemitraan pembiayaan KUR mikro antara Bank BJB dengan PT Agro Niaga Global tersebut dilakukan oleh CEO Regional IV Bank BJB, Edy Kurniawan Saputra dengan Direktur Utama PT Agro Niaga Global Nur Agis Aulia. Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan di Vila Ternak Cikerai, Cilegon, Kamis (07/1/2021) lalu. 

Dalam kesempatan itu pun dihadiri langsung oleh Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank BJB Denny Mulyadi, serta Pemimpin Cabang Wilayah IV Balaraja Aden Nurmawan, Pemimpin Cabang Cilegon M Hartami, Pemimpin Cabang Labuan Doddy Setiawan, dan Pemimpin Cabang Rangkasbitung Mauludin Edy. (red)