Kemendag : Pasar Rakyat di Banten Tetap Buka, yang Penting Jalani Protokol Kesehatan

Kemendag : Pasar Rakyat di Banten Tetap Buka, yang Penting Jalani Protokol Kesehatan (Au-nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Penyebaran virus corona atau covid-19 yang belum juga selesai mengakibatkan aktivitas perdagangan di tanah air terganggu. Saat ini pemerintah tengah berupaya untuk mengatasi hal tersebut.

Saat menggelar kunjungan ke Banten, Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga mengatakan pasar rakyat tetap beroperasi, tetapi dengan menjaga protokol kesehehatan agar penyebaran Covid-19 tidak mengalami kenaikan.

“Pasar rakyat harus tetap beroprasi agar kegiatan ekonomi berjalan dan ketersediaan barang dan harga stabil. Tapi Pedagang harus kedapankan SOP kesehatan,” ucapnya, di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Senin 18 Mei 2020.

Ia menambahkan, pihaknya akan mengambil langkah konkret memastikan produsen, pedagang dan konsumen mendapat dampak yang seminimal mungkin dari pandemi ini.

“Kami berusaha memberikan fasilitas khususnya menjamin stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi mengatakan, dengan kondisi saat ini Semua pihak harus menerapkan protokol kesehatan agar penyebaran covid ini tidak masif.

Terkait laporan adanya kerumunan di beberapa pasar tradisional, “Nanti saya cek, saya mengingatkan juga masyarakat dan pedagang untuk menjaga protap kesehatan,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Prov Banten Babar mengatakan, di Banten ada 2 klaster wilayah, PSBB dan di luar PSBB. Di luar PSBB tidak ditetapkan hanya KLB. Pasar ini di bawah pengawasan gugus tugas, di dalamnya ada kepolisian, satpol PP, kesehatan dan BPBD.

“Jadi kami menghimbau pengelola pasar. Pasar itu tetap buka baik makanan maupun non makanan yang penting protokol covod dijalankan,” tandasnya.(sbn/AU)