Kel. Pekojan Gandeng Alfamart Berikan Pelatihan Manajemen Ritel Kepada Pelaku UMKM

Kel. Pekojan Gandeng Alfamart Berikan Pelatihan Manajemen Ritel Kepada Pelaku UMKM ()

Jakarta - Bertempat di Aula Kantor Kel. Pekojan, Kec. Tambora, Jakarta Barat, sebanyak lima puluh pelaku usaha mikro kecil menengah(UMKM) mendapat pelatihan manajemen ritel dan Surat izin usaha.

Acara yang diselenggarakan oleh pihak Kelurahan Pekojan bersama Alfamart disambut antusias oleh para pemilik warung tradisional khususnya di wilayah Pekojan.

Dikatakan Lurah Pekojan, Tri Prasetyo Utomo, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan Pelayanan kepada masyarakat terutama bagi pelaku usaha Mikro Kecil di Pekojan supaya lebih meningkat pengetahuan usahanya.

Serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan kelengkapan izin usaha dalam mendukung Program Pemprov DKI Jakarta dalam mewujudkan Maju Kotanya, Bahagia Warganya dibidang UMKM.

"Kita melakukan pelatihan manajemen ritel kepada lima puluh pelaku usaha mikro dan kecil di wilayah Pekojan untuk mendukung program Pemprov DKI Jakarta agar mereka mampu mengembangkan ilmu dalam memasarkan produk-produk usahanya. Sekaligus menyerahkan surat izin usaha untuk mereka yang telah memenuhi syarat," ujar lurah, Rabu(26/9/2018).

Sementara itu, Branch Manager Alfamart, Yudi Sobari, menjelaskan pelatihan yang melibatkan para pedagang warung ini digelar secara rutin setiap tahun dan di setiap wilayah.

“Tujuannya, mengajak para pelaku UMKM khususnya yang juga memiliki bisnis ritel untuk memahami manajemen ritel modern. Pelaku UMKM sudah saatnya tumbuh berdampingan. Keduanya harus bersinergi," terangnya. 

Nantinya ujar Yudi, para pelaku UMK yang ikut pelatihan bisa bekerjasama dengan Alfamart melalui produk-produk yang ada di Alfamart. Dimana dalam pembelanjaan produk-produk bisa di gerai Alfamart dengan harga yang beda.

Bukan hanya itu saja, para peserta yang ikut pelatihan, juga diberikan pembekalan diri dengan pengetahuan bisnis online, agar usahanya bisa lebih berkembang, juga memberikan wawasan bisnis ritel baru. 

Contohnya melalui handphone, pembeli yang datang ke warung sekarang bisa membeli tidak hanya produk yang ada di warung, tapi bisa juga bayar listrik, beli pulsa, belanja baju atau tas, dan lain-lain dengan aplikasi Alfacart.com atau Alfamind. Grup chat juga bisa digunakan untuk menawarkan dagangan.(hw)