Kekurangan Ruang, Disdukcapil Tangsel Bagikan KIA di Mal

Kekurangan Ruang, Disdukcapil Tangsel Bagikan KIA di Mal ()

NONSTOPNEWS.ID - Banyaknya permohonan administrasi kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, membuat pembuatan dan pembagian Kartu Identitas Anak (KIA) bergeser ke Mal, dan kolektif di sekolah-sekolah.

Kali ini, pembagian KIA berlangsung di Trans Mart Graha Raya, Serpong Utara Kota Tangsel.

Dijelaskan Kepala Disdukcapil, Dedi Budiawan bahwa pembagian KIA tersebut di lokasi Trans Mart karena pihaknya keterbatasan ruang, untuk pembuatan dan pembagian KIA.

"Awalnya kan di kolektif, ternyata peminatnya sedikit. Akhirnya kita buka loket sampe 4 bulan , dan ternyata membeludak. Namun karena banyaknya antusias, kita tutup loketnya, kembali ke awal di kolektif. Ada juga pelayanan keliling, ke sekolah, mal," kata Dedi, Rabu (9/01/2019).

Dedi menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan beberapa vendor, agar kegunaan KIA tidak saja berfungsi sebagai identitas anak, namun memberikan keuntungan kepada vendor-vendor yang bekerjasama.

"Kasian juga lah mereka (Vendor), sudah bekerjasama dengan kita, tapi belum ada keuntungan buat mereka. Dengan menggunakan KIA, setiap pengisian Rp 100 ribu, dapat saldo 140 ribu, ada bonus Rp 40 ribu di Kidscity, Trans Mart.

Ditanya fungsi KIA, Dedi menjelaskan tak ubahnya seperti KTP yang sudah ada.

"Fungsinya ya seperti KTP orang dewasa, tapi ada kelebihan berlaku diskon atau point di vendor-vendor yang kerjasama," tambahnya.

Vendor-vendor yang saat ini sudah menjadi mitra kerjasama KIA antara lain, KFC, McDonald, Gramedia, Gunung Agung, Kolam Renang Bintaro Sektor 7, Kids City Trans Mart. (ak)