Kekeringan, Polresta Tangerang Salurkan 10 ribu Liter Air Bersih ke Rancaiyuh

Kekeringan, Polresta Tangerang Salurkan 10 ribu Liter Air Bersih ke Rancaiyuh (Nonstopnews.id)

TANGERANG - Ratusan warga mengantre air bersih yang diberikan oleh Polresta Kabupaten Tangerang. Berlokasi di Pondok Pesantren (Ponpes) Wafirotul Marom, Desa Rancayuh, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, ratusan warga menyiapkan berbagai wadah penampungan air.

Selain air bersih, bantuan sembako turut diserahkan secara simbolis oleh Kapolresta Tangerang Kombes Pol. Sabilul Alif, kepada Pimpinan Ponpes KH. Awang Ali Marsya dan Kepala Desa Rancaiyuh, Suherman. "Saya mendapatkan informasi bahwa warga di Rancaiyuh terdampak kekeringan, karena kemarau yang cukup panjang. Jadi kami berinisiatif, untuk memberikan bantuan air bersih ini untuk warga yang ada di RT 002/001, Rancaiyuh, Panongan," kata Kapolresta saat ditemui di lokasi, Kamis (30/8/2018).

Kapolresta menambahkan, bantuan ini semata-mata untuk meringankan beban masyarakat, yang informasinya kesulitan mencuci dan mandi.

"Informasinya mereka harus berjalan 2 sampai 3 kilometer, untuk mencuci dan mandi. Semoga dengan bantuan ini, akan ada bantuan-bantuan lain dari Pemerintah Kabupaten. Agar derita mereka turut dirasakan juga oleh pemerintah," tegasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Desa Rancaiyuh Suherman menyatakan, warganya sudah mengalami kesulitan air sekira 1 bulan ke belakang. "Kalau kemaraunya sudah tiga sampai empat bulan ini. Tapi untuk kesulitan air guna mencuci dan mandi, sekitar 1 bulan. Rata-rata warga sudah membuat sumur dengan kedalaman 50 meter, tapi air nya masih susah, kecil lah begitu airnya. Disini ada sekitar 300-an warga," kata Suherman.

Terkait banyaknya galian, sehingga warga berdampak kesulitan air, pihaknya akan berkoodinasi dengan Polresta Tangerang, untuk meninjau ulang, dan melihat apabila lokasi galian memang betul-betul berdampak kepada warga.

"Tadi Pak Kapolresta sudah bilang, mau mantau lokasi galian. Kalau memang itu (galian) berdampak dengan kesulitan air warga," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bantuan air bersih di wilayah Rancaiyuh merupakan kedua kalinya diberikan oleh Polresta Tangerang. Bantuan kedua kali ini, sedikitnya dua mobil tangki air bersih, berisi 5000 liter, diberikan kepada warga terdampak kekeringan. (ak)