Kejar Pemasukan 21 Miliar, Pemkot Tangsel Lelang 14 Titik Parkir

Kejar Pemasukan 21 Miliar, Pemkot Tangsel Lelang 14 Titik Parkir (Kb-nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) telah melelang pemanfaatan 14 titik parkir off street, dengan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dapat diraup melalui retribusi pemanfaatan lahan diperkirakan sebesar 21 miliar.

Deketahui, lelang tersebut dilakukan secara elektronik, lewat situs resmi Sipencatra, dimana Dinas Perhubungan bertindak sebagai leading sektor lelang.

“Kita sudah melaksanakan lelang parkir dari tanggal 2 hingga 9 Juni 2020. Yang ikut mendaftar lelang ada 38 perusahaan," ujar Kepala Dishub Tangsel, Purnama Wijaya, dikantornya, Selasa (16/6/2020).

Kadishub juga menjelaskan, terdapat 14 titik yang dilelangkan, dengan 6 lokasi sudah ada pemenangnya. Sementara sisanya ada terdapat 8 titik lokasi.

"Sisanya ada 4 diantaranya tidak ada penawar sama sekali atau tidak ada yang minat. 4 titik sisanya ada penawar tapi tidak memenuhi persyaratan. Jadi kita nanti akan lelang ulang yang 8 titik,” jelas Purnama Wijaya.

Secara regulasi parkir ini mengacu pada beberapa peraturan, diantaranya Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 19 tahun 2016 pedoman pengelolaan barang milik daerah, Peraturan Walikota nomor 12 tahun 2020 tentang tata cara sewa barang milik daerah, dan keputusan Walikota nomor 593.1/Kep.125-Huk/2020.

Adapun panitia lelang terdiri dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti bidang aset pada Badan Pengelolaan  Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), bidang perijinan ketenagakerjaan pada Dinas Penanaman Modan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), bagian hukum pada Sekertariat Daerah, dan beberapa OPD lainnya, serta unsur Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangsel.

“Hingga saat ini, sudah verifikasi tahap dua, hari Kamis besok verifikasi tahap 3,” pungkas Purnama. (kb)