Ke Tangerang, Jokowi Blusukan Ke Pasar

Ke Tangerang, Jokowi Blusukan Ke Pasar (Nonstopnews.id)

TANGERANG- Presiden Joko Widodo tiba di Kota Tangerang dalam agenda Peresmian Health City Summit 2018 yang diselenggarakan selama tiga hari kedepan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Minggu (04/11/2018).

Saat subuh hari, Presiden Joko Widodo bersama Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, dan Bupati Tangerang Zaki Iskandar blusukan ke Pasar Anyar. Berangkat dengan mengendarai motor baru bergaya Tracker, Jokowi tiba dan disambut warga yang sudah berkerumun di area pasar.

Sambil berkeliling mengitari lapak pedagang mulai dari daging, ikan, buah, sayur, dan bumbu rempah, Jokowi beserta rombongan tak lupa menyalami dan menyapa pedagang dengan ramah.

Jokowi mengatakan kedatangannya ke Kota Tangerang selain untuk peresmian Health City Summit 2018, tapi juga untuk mengecek angka inflasi yang dinilai rendah.

"Katanya kan dibawah tiga setengah. Saya hanya ingin ngecek aja dilapangan sama apa tidak. Ternyata kita cek semua harga stabil. Seperti telur yang tadinya Rp 30 ribu turun jadi Rp 20 ribu sampai Rp 22 ribu. Beras ada yang Rp 8 ribu hingga Rp 13 ribu. Lengkap pokoknya semua harga dan tempe harganya Rp 5 rb bisa dipotong jadi 15 lagi," jelasnya sambil mengeluarkan suara tawa yang khas.

Jokowi juga meminta kepada masyarakat yang berbelanja ke pasar untuk menyampaikan harga riil apa adanya, sehingga harga pasar bisa bersaing dengan harga di mall dan supermarket.

"Pedagang pasar nanti marah semua. Harganya stabil, ada beberapa memang yang naik tapi itu biasa. Jangan teriak-teriak harga dipasar mahal, 

Nanti bakul-bakul pasar bisa marah semua. Ibu-ibu gak ada yang dateng ke pasar, makanya sampein apa adanya," terangnya.

Setelah mengecek harga dan kondisi pasar Jokowi menginginkan adanya perubahan dari pasar yang lebih tertata rapi.

"Yang paling penting sekarang pasar harus rapi, harus tertata, tidak becek, dan tidak bau. Ada tempat parkirnya juga. Sehingga mereka bisa bersaing dengan supermarket," tambahnya.

Untuk mewujudkan hal itu, Ia pun sudah berkoordinasi dengan Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, untuk merevitalisasi Pasar Anyar sehingga pedagang dan pembeli dapat saling bertransaksi jual-beli dengan nyaman.

"Saya sudah sepakat dengan Pak Wali Kota tahun depan akan kita revitalisasi. Nanti gatau pembagiannya pusat berapa daerah berapa, kalau anggarannya tidak besar mungkin pusat yang pegang, tapi kalau besar kita bagi," tukasnya.(DEN)