Kasus Covid-19 Melonjak, Indonesia Darurat Ruang ICU

Kasus Covid-19 Melonjak, Indonesia Darurat Ruang ICU (ilustrasi/net)

NONSTOPNEWS.ID – Pandemi covid-19 di Indonesia kian bertambah. Sekretaris Nasional Relawan Kesehatan Indonesia, Adjie Rimbawan menyoroti fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia termasuk ruang isolasi dan ICU di berbagai rumah sakit yang mulai dalam kondisi darurat.  Menurut Adjie, pemerintah harus menerapkan kebijakan yang ketat agar tidak ada lagi yang menganggap remeh naiknya angka positif Covid-19.

“Sudah saatnya Pemerintah Pusat menerapkan UU Kekarantinaan Kesehatan dengan melakukan karantina wilayah guna menekan mobilitas warga yang menyebabkan terjadinya kerumunan, baik di lingkungan rumah dan lingkungan kerja warga,” kata Adjie, dalam keterangan yang dikutip dari biemcoSenin (4/1/2020).

Adjie juga meminta pemerintah benar-benar menyatakan bahwa Covid-19 adalah musuh bersama bangsa, sehingga warga bisa berperang sungguhan melawan Covid-19.

“Melawan virus sama dengan melawan musuh. Jika tidak, maka kesehatan Indonesia akan ambruk,” ujarnya.

Adjie pun menyerukan kepada seluruh anggota Rekan Indonesia untuk melakukan kampanye protokol kesehatan.

“Ingatkan terus warga sekitar kita bahwa situasi saat ini Indonesia darurat ruang isolasi dan ICU, sehingga jika kita terpapar dan positif Covid-19 akan susah mendapatkan ruang isolasi dan ICU di RS. Ingatkan juga terus warga di lingkungan tempat tinggal kita agar terus menjalankan protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan,” pungkasnya. (red)