Kampung Selfie Jatiuwung Kota Tangerang Ingin Dikenal Sampai Mancanegara

Kampung Selfie Jatiuwung Kota Tangerang Ingin Dikenal Sampai Mancanegara
Kampung Selfie Jatiuwung Kota Tangerang Ingin Dikenal Sampai Mancanegara
(Dok. Humas Kota Tangerang)

NONSTOPNEWS.ID - Sekarang ada Kampung Selfie di Kecamatan Jatiuwung, yang merupakan kampung tematik yang digencarkan di Kota Tangerang. Lokasinya berada di RT 001/RW 03, Kampung Rawacana, Kelurahan Gandasari. Anggota kepengurusan kecamatan setempat menginginkan agar Kampung Selfie bisa dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Lokasi ini menonjolkan suasana kampung penuh dengan gambar 3D (Dimensi) dan lukisan yang terlukis di tembok. Ketika pengunjung dan warga memasuki Kampung Selfie, mereka langsung disuguhkan dengan deretan lukisan 3D yang membentang di sepanjang tembok jalan Kampung Rawacana.

Ketika dihitung secara keseluruhan, terdapat 53 lukisan yang telah dilukis warga Kampung Rawacana, dan membuat pengunjung menjadi tekagum-kagum akan keindahannya. Berbagai macam lukisan yang ada seperti lukisan binatang, seperti kupu-kupu, kuda dan masih banyak lagi. Ada juga lukisan ayah dan anak yang mengajak warga untuk beribadah ke masjid.

Ada juga gambar 3D pemandangan alam seperti pegunungan atau perkebunan. Plt Camat Jatiuwung Martioso Agianto mengatakan, kampung tematik terus dikebut dibentuk di setiap RW. Pihaknya juga menggandeng pengusaha-pengusaha di Kecamatan Jatiuwung untuk mewujudkan hal ini.

“Kami saat ini sedang melakukan pendekatan ke beberapa perusahaan, nantinya pihak perusahaan diharapkan akan memberikan pembinaan seperti pembelajaran tentang dunia pariwisata kepada warga,” kata Martioso.

Camat juga berharap untuk kampung-kampung yang sudah terbentuk dapat menjadi kampung yang layak huni dan dikunjungi. Sehingga pengunjung lokal maupun mancanegara bisa memberikan manfaat yang baik kepada warga. Dia juga berharap supaya Kampung Selfie dapat dikenal wisatawan sampai mancanegara, dan dapat meningkatkan perekonomian warga.

Ketua RT 01/RW 05 Panji mengatakan, proses pengerjaan Kampung Selfie dimulai sejak Agustus 2018. Sampai saat ini masih terus dikembangkan. “Ini memberikan kesadaran kepada warga bahwa kampung kita juga layak dikunjungi,” katanya.

Diketahui Pemkot Tangerang gencarkan program Kampung Tematik untuk kampanyekan gerakan hidup sehat kepada masyarakat Tangerang.

"Pemkot Tangerang akan tetap memberikan perhatian penuh terhadap seluruh Kampung Tematik, baik yang baru terbentuk maupun yang masih dalam proses pembentukan," kata Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.

Arief mengatakan pembentukan Kampung Tematik merupakan upaya yang digenjot Pemkot Tangerang untuk maksimalkan peran aktif masyarakat dalam mengubah lingkungannya dengan penuh kesadaran. (ADV)