Kalahkan Jack Ma, Zhong Shanshan Dinobatkan Orang Paling Kaya di Asia

Kalahkan Jack Ma, Zhong Shanshan Dinobatkan Orang Paling Kaya di Asia (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - Zhong Shanshan, dikabarkan menjadi miliarder asal China yang menduduki posisi orang terkaya di Asia. Posisi ini menggeser sejumlah miliader terkenal seperti Jack Ma dan Mukesh Ambani, pria Asal India. 

Zhong yang terkenal dengan julukan "Serigala Sendiri" diketahui memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 77,8 miliar yang sebelumnya US$ 70,9 miliar. Menariknya, Zhong juga diketahui tidak terlibat politik praktis China dan tercatat sebagai orang terkaya ke-11 di planet bumi. 

Kekayaan ini lantaran Zhong memiliki beberapa bidang bisnis, seperti media, pertanian, hingga kesehatan. Faktor-faktor yang dinilai menjadi kunci keberhasilannya tahun ini adalah Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise dan Nongfu Spring yang dipimpinnya.

Dilansir dari Radarnonstop, bulan April lalu, Zhong meluncurkan perusahaan farmasinya ke publik. Beberapa bulan kemudian, Nongfu Spring yang memproduksi air kemasan juga menyusul.

Sebelumnya, Jack Ma yang digadang sebagai orang terkaya di Asia Tenggara kini memiliki kekayaan US$ 51,2 miliar, turun dari level tertinggi US$ 61,7 miliar di bulan Oktober. Hal ini diketahui karena merosotnya bisnis berbasis digital yang dimiliki oleh Jack Ma. 

Lebih lanjut, Jack Ma harus rela kehilangan kekayaannya akibat tekanan pemerintah China. Mengutip Bloomberg, Rabu (30/12), Kekayaan bersih Jack Ma telah turun hampir US$ 11 miliar atau setara Rp 155,1 triliun (kurs Rp 14.100) sejak akhir Oktober 2020 karena Otoritas China meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan miliknya yang juga menjadi raksasa teknologi di Tiongkok. Tekanan ini karena adanya krisis pandemi covid-19. (red)