Jaringan Penipu Online Gentayangan, Imigrasi Tangerang Amankan Puluhan WNA

Jaringan Penipu Online Gentayangan, Imigrasi Tangerang Amankan Puluhan WNA (Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Apartemen di sejumlah daerah di Tangerang diobrak abrik petugas Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang. Para petugas ini merazia warga negara asing (WNA) bermasalah yaitu yang tak dilengkapi izin dan identitas lengkap.

Total selama razia mengamankan 26 WNA bermasalah, yang tinggal di sejumlah apartemen di Tangerang, Banten. Diduga, para WNA tersebut beraktifitas melakukan penipuan lewat online.

"Kita tangkap terdapat 26 WNA. Sepuluh orang di antaranya memiliki paspor dan 16 orang tanpa paspor," ujar Kepala Imigrasi Tangerang, Herman Lukman, Senin (24/6/2019).

Herman mengatakan, penangkapan 26 WNA yang kebanyakan berasal dari Nigeria dan China itu berdasarkan laporan masyarakat yang resah dengan keberadaan mereka.

"Imigrasi sita sejumlah laptop dan gadget yang diduga untuk melancarkan aksi mereka ini," ujar Herman.

Selain itu, kata Herman, pihaknya juga mengamankan sejumlah laptop dan ponsel. Barang bukti ini diduga digunakan para WNA untuk melakukan kejahatan cyber.

Herman melanjutkan, para WNA itu masuk ke Indonesia menggunakan visa yang terhitung sejak 2017. Namun, visa yang digunakan ini statusnya ada yang sudah diperpanjang dan belum diperpanjang. (Ks/Red)