Jadi Episentrum, Intelijen Gelar Rapid Test Massal Di Ciledug

Jadi Episentrum, Intelijen Gelar Rapid Test Massal Di Ciledug ()

NONSTOPNEWS.ID - Badan Intelijen Negara (BIN) bersama Pemerintah Kota Tangerang menggelar rapid test atau tes cepat Covid-19 massal gratis di kawasan Mall CBD Ciledug, Karang Tengah, Sabtu (30/5/2020).

“Daerah ini dipilih pertama karena secara permintaan pemkot Tangerang dan daerah ini merupakan daerah episentrum. Agar dapat mengetahui secara pasti kondisi yg ada di masyarakat,” terang Staff Khusus Kepala BIN, Mayjen Pur Neno Hermiano kepada wartawan.

Kata dia, rapid test dilakukan sebanyak 5000. Namun, apabila banyak yang positif bakal ditingkatkan lagi oleh pihaknya.

“Alhamdulillah sampai siang ini kita melakukan tes 300 baru 1 orang reaktif, sesuai prosedur yang reaktif akan kita lakukan swab test kemudian PCR,” ucapnya.

Ia menjelaskan, keuntungan dalam rapid test warga dapat memperoleh hasilnya dalam waktu 5 sampai 6 jam saja.

“Kegiatan ini kegiatan pro aktif dari BIN untuk sisir wilayah yang jadi titik episentrum sesuai degan program pemerintah dengan melakukan tes yang masif, lalu tracing dengan isolasi yang ketat,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin menambahkan, garda terdepan untuk mengatasi pandemi Covid-19 ada di masyarakat. Ia menyebut, tingkat kedisiplinan tinggi dapat mengatasi virus itu.

“Bagaimana kita dapat tingkatkan disiplin masyarakat. Ternyata vaksin efektif adalah disiplin masyarakat, degan disiplin, pakai masker, cuci tangan jaga jarak ini cara efektif dan tepat dalam rangka tangani Covid-19. Tangani Covid-19 nggak bisa sendirian,” kata Sachrudin.

Dalam rapid tes itu, ada sembilan loket yang tersedia lalu swab tes ada dua mobil dengan 72 sempel, dengan maksimal 200-300. Apabila ada yang positif, diserahkan ke gugus tugas wilayah. (RK)