Izin Klinik Beroperasi Rumah Sakit, Dinkes Tangsel Temukan Banyak Pelanggaran

Izin Klinik Beroperasi Rumah Sakit, Dinkes Tangsel Temukan Banyak Pelanggaran
Izin Klinik Beroperasi Rumah Sakit, Dinkes Tangsel Temukan Banyak Pelanggaran
(Nonstopnews.id)

CIPUTAT - Tim Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan melakukan inspeksi mendadak kepada RS Via Medika, Jalan Raya WR. Supratman, Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Senin (19/11/2018).

Tim Dinkes Kota Tangerang Selatan pun menemukan sejumlah dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Rumah Sakit yang berlokasi dideretan ruko tersebut.

Meski tak diungkap secara rinci, salah seorang sumber yang tak mau disebutkan namanya kepada Nonstopnews.id mengatakan, RS via Medika diduga menyalahi banyak prosedur.

Beberapa pelanggaran itu mulai status izin rumah sakit yang masih berstatus klinik rawat inap, tidak adanya timbangan obat, dan tidak ada laporan pemusnahan obat kadaluwarsa.

Sumber tersebut juga mengatakan, hasil pemeriksaan tim Dinkes Tangsel di RS Via Medika ditemukan obat kadaluwarsa yang bercampur dengan obat tidak kadaluarsa ditempat penyimpanan obat.

Selain itu yang membuat miris, didapati pula Apoteker pada RS Via Medika yang hanya berijazah Sekolah Menengah Farmasi (SMF). RS tersebut juga tidak bisa menunjukan Surat Izin Apotek (SIA) dan Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA).

Ketika ditanya perihal sidak tersebut, Kepala bidang pelayanan kesehatan Dinkes Kota Tangsel Una Rahmadona mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukannya hanya berifat pembinaan biasa.

Saat ditanya soal status izin RS Via Medika, Una tidak memberi keterangan jelas mengenai status izin Klinik atau Rumah Sakit. Bahkan saat ditanya hasil dari giat tersebut Una hanya menyampaikan hal-hal yang bersifat normatif.

"Ijin ada, ijinnya nanti kita lihat, pelayanannya masih standar, masih diurus ya untuk perpanjangnya. Ya namanya pembinaan ya, kita ingatkan saja kalau ada yang kurang baik, kita kasih masukan," kata Una, yang tampak sedikit gugup.

Ditempat yang sama, Murshal yang mengaku mewakili pihak RS Via Medika kepada Nonstopnews.id menyampaikan tanggapannya soal giat dari Dinkes Tangsel ke rumah sakit tersebut.

"Bagus, Bagus sekali. Untuk perbaikan pembinaan, pengawasan, masyarakat memang minta, memang perlu, kadang-kadang lupa karena sibuk, dengan adanya seperti ini mereka mengingatkan kita untuk meningkatkan pelayanan di Tangsel ini," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Murshal menyampaikan bahwa izin RS Via Medika sudah sejak tahun 2013. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya melakukan pelayanan medis setara dengan Puskesmas yang akan ditingkatkan menjadi rumah sakit plus tipe D. (ak)