Ini Nama Wagub DKI Usulan PKS, Fahri Hamzah?

Ini Nama Wagub DKI Usulan PKS, Fahri Hamzah? (Ilustrasi : Net)

JAKARTA - Untuk capres-cawapres kubu Prabowo, PKS akhirnya mau mengalah setelah 'jatah' cawapres yang menurut mereka sudah sewajarnya jadi hak mereka sebagai pembayaran atas kesetiaan bersama Gerindra semenjak Pilpres 2014. Mengalah bukan berarti memberinya secara gratis.

Rupanya hak PKS untuk posisi cawapres ditukar dengan jabatan Wakil Gubernur DKI yang lowong setelah Sandiaga Uno mengundurkan diri.

Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota menjadi Undang-Undang mengatur soal tata cara pergantian wakil gubernur.

Disebutkan, parpol pengusung mengajukan dua nama kepada DPRD melalui gubernur. DPRD akan memilih salah satu dari dua nama yang diajukan parpol pengusung.

Dilansir berbagai sumber, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, namanya disebut sebagai calon pengganti Sandiaga Uno.

"Secara aturan bahwa yang bisa menggantikan pak Sandiaga itu dari PKS dan Gerindra. Karena dulu yang usung cuma dua partai. Jadi, tentu nanti akan diusung oleh PKS dan Gerindra. Ada dua calon," kata Presiden PKS, Sohibul Iman, Jumat (10/8/2018).

Karena pasangan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Anies Baswedan dan Sandiaga Uno diusung PKS dan Gerinda maka kedua parpol ini pula yang berhak mengusulkan dua nama pengganti Sandiaga Uno.

"Tentu dalam proses politik ini, karena PKS memberikan hak Cawapres kepada Gerindra, tentu mereka memberi hak prioritas kepada PKS untuk menjadi Wagub," tambahnya.

Nah, karena PKS sudah mengalah membiarkan Sandiaga Uno yang menjadi cawapres pendamping Prabowo maka dua nama calon pengganti Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI akan diusulkan oleh PKS.

Saat ini sudah ada satu nama yang bicarakan petinggi PKS. Presiden PKS Sohibul Iman menyebut nama Mardani Ali Sera.

Nama Anis Matta pernah muncul dalam bursa cagub DKI 2017 silam. Karena UU mengatur parpol pengusung harus mengajukan dua nama untuk dipilih DPRD, kira-kira siapa lagi selain Mardani Ali Sera kader PKS yang akan diusulkan untuk mengisi pos Wagub DKI?
Apa mungkin jika Fahri Hamzah? (*/red)