Ini Makanan Sehat yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan Mudik 

Ini Makanan Sehat yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan Mudik  (Ilustrasi/Net)

NONSTOPNEWS.ID - Mudik sudah menjadi tradisi di Indonesia dan merupakan momen paling ditunggu-tunggu, karena saat itulah Anda akan bertemu sekaligus berkumpul dengan keluarga besar. Dalam perjalanan yang banyak ditemui kemacetan, membutuhkan stamina yang prima.

Hal yang harus diperhatikan adalah mempersiapkan bekal makanan yang akan dibawa, terutama bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri. Hal ini karena asupan gizi dalam makanan selama perjalanan sangat penting. Melansir Inews, berikut bekal makanan yang sebaiknya dibawa saat mudik:

1. Buah-buahan
Pisang, apel, dan kurma adalah buah yang praktis dikonsumsi saat mudik karena sangat pas untuk mengganjal perut saat berbuka puasa. Selain itu, kandungan vitaminnya juga sangat banyak dan menambah energi saat berkendara.

2. Cokelat batang
Satu atau dua batang cokelat selama perjalanan mudik, baik untuk mengembalikan energi saat kelelahan. Kandungan dalam cokelat mampu memberikan efek tenang dan memperbaiki mood kita tetap bahagia. Menjaga mood sangat penting, terutama saat tengah berkendara agar tetap waspada.

3. Air putih
Selalu bawa air putih untuk menghilangkan dahaga sekaligus agar tidak dehidrasi dan lemas. Hindari minum susu karena memberi efek cepat buang air kecil dan menimbulkan rasa mual di perut.

4. Biskuit atau protein bars
Biskuit dan protein bars sangat mudah dibawa dan tak memberatkan saat dibawa. Selain itu, bisa untuk camilan saat berkendara ketika buka telah tiba. Protein bars juga sangat bagus untuk menambah energi ketika berkendara yang membuat mood tetap terjaga.

5. Roti atau sandwich
Untuk mengganti asupan karbohidrat selama perjalanan, bisa diganti dengan roti atau membuat sandwich sendiri sebelum berangkat. Keunggulan mengonsumsi roti selama perjalanan tidak membuat mengantuk, serta kekenyangan.

6. Lontong isi atau arem-arem
Kedua jenis makanan ini bisa sebagai pengganti nasi. Isiannya tergantung selera, daging atau sayuran. Sangat pas untuk mengganjal perut ketika waktu buka tiba dan kita masih berada di jalanan.

Mudik sehat membuat perjalanan Anda lancar.(RED)