Ini 9 Alasan Anda Boleh Tinggalkan Olahraga

Ini 9 Alasan Anda Boleh Tinggalkan Olahraga ((Ilustrasi/Net))

TANGERANG - Olahraga merupakan aktivitas positif, yang terbukti mampu membuat tubuh lebih sehat, bugar, dan fit setiap saat. Bahkan, jika dilakukan secara rutin dan teratur, olahraga juga bisa membuat Anda memiliki berat badan yang ideal.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang enggan berolahraga setiap hari. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, Anda tak perlu khawatir. Banyak orang yang juga enggan berolahraga akibat berbagai faktor. Berikut sembilan di antaranya:

1. Sedang demam

Demam berarti tubuh Anda sedang berusaha melawan penyakit. Bila dalam kondisi ini Anda memaksakan diri untuk tetap berolahraga, maka penyakit yang sedang bersemayam di dalam tubuh akan lebih sulit sembuh atau justru bertambah parah. Belum lagi, saat demam, suhu tubuh Anda sedang tinggi dan berolahraga malah bisa meningkatkannya.

2. Baru saja menyelesaikan lomba berat

Jika Anda baru saja menyelesaikan lomba atau kompetisi kebugaran, berikan waktu tubuh untuk pulih. Istirahat dan sedikit bergerak adalah cara hebat untuk membuat proses regenerasi tubuh berlangsung dengan optimal.

3. Cedera

Jika Anda mengalami cedera, lebih baik menunggu sembuh terlebih dahulu sebelum kembali berolahraga. Anda tak ingin cedera yang dialami semakin parah, bukan?

4. Terserang flu

Dalam keadaan sehat, olahraga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal berbagai penyakit infeksi—misalnya flu. Namun, di saat flu terjadi dan Anda tetap berolahraga, tubuh akan lebih sulit untuk pulih, bahkan bisa membuat penyakit semakin parah.

5. Sedang sakit hingga sulit berjalan

Daripada memaksakan diri untuk berolahraga, akan lebih baik Anda fokus untuk beristirahat. Namun, bila memang sangat ingin berolahraga, lakukanlah latihan intensitas ringan seperti yoga atau peregangan.

6. Sakit otot yang berat

Jika otot terasa nyeri selama berhari-hari setelah berolahraga, itu tandanya tubuh Anda terlalu letih dan butuh waktu istirahat agar bisa kembali pulih. Jadi, daripada memaksakan diri untuk berolahraga, akan lebih baik bila Anda istirahat dan mengonsumsi makanan sehat.

7. Ada keperluan yang lebih penting

Hendak berolahraga namun ada keperluan mendadak yang lebih penting? Sebaiknya tunda olahraga Anda di hari itu. Olahraga bukanlah satu-satunya hal yang membuat Anda sehat. Melakukan apa yang Anda sukai, menghabiskan waktu bersama teman, dan menjadi bahagia adalah bagian dari kehidupan yang sehat dan utuh.

8. Anda lelah

Jika Anda sedikit lelah, olahraga adalah cara yang baik untuk mendapatkan lebih banyak energi. Akan tetapi, jika sudah sangat kelelahan, lebih baik Anda tidak berolahraga dan memilih untuk mengistirahatkan tubuh sepenuhnya.

9. Sakit berkelanjutan

Jika Anda merasakan rasa sakit akut yang tajam di beberapa bagian tubuh ketika berolahraga, tahan diri Anda untuk melanjutkan olahraga tersebut. Sebagai gantinya, kunjungi dokter untuk memastikan kondisi tubuh Anda.

Meliburkan diri dari olahraga selama satu hari bukanlah hal yang buruk. Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk mengistirahatkan tubuh sepenuhnya, agar bisa kembali prima untuk melakukan olahraga di hari berikutnya. Hal terpenting, jangan biasakan diri Anda untuk libur terlalu lama dari kegiatan olahraga. (klikdokter/red)