Imbas Proyek Tol Serpong-Kunciran,  Warga Kunciran Mas Kebanjiran

Imbas Proyek Tol Serpong-Kunciran,  Warga Kunciran Mas Kebanjiran
Imbas Proyek Tol Serpong-Kunciran,  Warga Kunciran Mas Kebanjiran
(Nonstopnews.id)

TANGERANG - Proyek infrastruktur yang digadang-gadang sebagai proyek strategis Presiden Joko Widodo, nampaknya disaat pembangunan, tak sepenuhnya menguntungkan masyarakat.

Salah satu proyek strategis tersebut, Jalan Tol Serpong-Kunciran masih menyisakan dampak buruk bagi warga, khususnya di Perumahan Kunciran Mas, Kunciran, Kota Tangerang.

Pembangunan jalan tol tersebut, selain memberi dampak kebisingan, kini memasuki musim penghujan, menyebabkan beberapa rumah warga harus terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. Hal itu dikarenakan, irigasi yang tersumbat tidak dapat menampung debit air dengan intensitas hujan yang cukup tinggi.

Dijelaskan Said Ardat, warga perumahan Kunciran Mas ini bahwa, saat ini ketinggian air berkisar 50 hingga 60 cm dirumahnya. Namun, kata Said, dengan kondisi hujan yang masih cukup deras, dikhawatirkan air akan terus naik.

"Sekarang masih selutut orang dewasa. Tapi sekarang masih hujan deras, mudah-mudahan ngga semakin tinggi," kata Said kepada Nonstopnews.id, Minggu (11/11/2018) malam.

"Ini karena saluran air ngga sanggup menahan debit air Mas. Mungkin karena saluran air yang ada semakin menyempit, sehingga dengan curah hujan yang tinggi, ngga sanggup menampung. Ini kan karena ada pembangunan tol Serpong-Kunciran," tambahnya.

Di lokasi yang sama, Ketua RW 06 Sri Budianto menyatakan, saat ini pihaknya bersama warga, bahu-membahu memberikan bantuan kepada masyarakat Kunciran Mas yang terdampak banjir.

"Pihak Tol Serpong-Kunciran belum ada yang kesini (lokasi banjir). Saya bantu warga yang kebanjiran," ujar Budianto saat dihubungi lewat whatsappnya.

Sementara itu, Petugas Lapangan PT. Waskita selaku perusahaan yang membangun proyek Tol Serpong Kunciran, Bayu menyatakan, dirinya tengah berada dilapangan.

"Saya sudah di lapangan pak. Dari cek jika hujan deras gimana," tutur Bayu lewat pesan whatsappnya.

Namun saat dikonfirmasi terkait menyempitnya saluran air, akibat pembangunan tol tersebut, dirinya justru mempertanyakan kembali kepada wartawan.

"Kata siapa pak?(saluran irigasi menyempit karena pembangunan tol)" pungkasnya.

Berdasarkan liputan dilapangan, pembangunan ruas Tol Serpong-Kunciran, melintasi pemukiman warga Kunciran Mas, dengan hanya berjarak sekira 3 meter dari rumah warga. Belum lagi, ketinggian jalur tol yang berada diatas rumah warga tersebut di khawatirkan apabila terjadi kecelakaan, mobil dimungkinkan akan menimpa atap rumah warga. (ak)