Ikan Koi Mati PLN Digugat

Ikan Koi Mati PLN Digugat (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - Warga Jaksel, Ariyo Bimo kecewa soal pemadaman listrik beberapa waktu lalu. Sebab, belasan ikan koi kesayangannya mati. 

Ariyo pun menggugat PLN ke pengadilan. Kini gugatan sedang berlangsung di pengadilan Jakarta Selatan. Sidang selanjutnya diagendakan pada Senin (9/9/2019) dengan agenda pembuktian dari penggugat. Ariyo mengaku menyiapkan dua saksi untuk membuktikan gugatannya.

PLN menilai penggugat tidak dapat membuktikan adanya kesalahan PLN dan tidak menjelaskan bagaimana terjadinya perbuatan melawan hukum tersebut. 

Serta juga tidak ada hubungan kausal (sebab akibat) antara perbuatan dengan kerugian sehingga PLN berpendapat gugatan tersebut harus ditolak.

Sebelumnya, Ariyo mengajukan gugatan karena merasa dirugikan tiga ekor ikan koinya mati saat terjadinya pemadaman listrik massal. 

Dia menilai PLN melakukan perbuatan melawan hukum, melanggar Pasal 28 huruf a dan b dan Pasal 29 ayat 1 huruf b UU 30/2009 tentang Ketenagalistrikan. Total kerugian materiil yang digugat Rp 1,9 juta. (rn/red)