Idul Fitri 2019, Ratusan Penghuni LP Wanita Tangerang Dapat Remisi

Idul Fitri 2019, Ratusan Penghuni LP Wanita Tangerang Dapat Remisi (Nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Lebaran Idul Fitri menjadi satu momen yang di tunggu bagi semua umat muslim di seluruh dunia. Berkumpul bersama keluarga, pulang kampung (mudik ) menjadi hal yang paling menyenangkan.

Namun bagi mereka yang hidup sebagai Warga binaan di Lapas Wanita Kelas IIA Tangerang tidaklah sama, di momen lebaran mereka (warga binaan) hanya bisa menunggu sanak keluarga yang datang untuk mengunjunginya.

Kerinduan untuk menghirup udara Bebas menjadi satu impian besar bagi warga binaan, sebanyak 186 warga binaan di lapas Wanita Kelas IIA Tangerang tepat pada momen lebaran Idul Fitri 2019 ini mendapat potongan masa tahanan (Remisi). Remisi tersebut diberikan atas dasar penilaian dan aturan yang ada.

"Tepat di hari yang bahagia ini kami memberikan remisi kepada warga binaan kami sebanyak 186 orang, dari 186 WBP (Warga Binaan Perempuan). Yang kami usulkan dan memang sudah memenuhi syarat penilaian kami," tutur Herlin Candrawati Kepala Lapas Wanita Kelas IIA Tangerang saat di wawancarai usai salat Ied dilapangan Lapas, Rabu,(5/6/2019).

Kata Herlin, pemberian remisi kepada warga binaan tidaklah sama. Dari 186 WBP dibagi menjadi 4 perolehan remisi diantaranya, Remisi 15 Hari (5 orang),1 Bulan (102 orang), 1 Bulan 15 hari (54 orang) dan 2 Bulan (25 orang) dan mereka semua beragama Islam.

"Pemberian remisi kepada warga binaan tidaklah mudah, penilaian terhadap warga binaan sangat butuh waktu yang panjang," ujar Herlin.

Namun kata Herlin lagi, dengan adanya pengajuan remisi bagi warga binaan, bisa juga menjadi nilai lebih bagi Lapas Itu sendiri, terutama  keberhasilan dalam membina mereka (warga binaan) untuk bisa merubah pola kehidupannya agar lebih baik dan bisa kembali ke masyarakat

Usai salat dan pemberian remisi mereka bersama petugas menyantap hidangan khas lebaran, ketupat dan opor ayam yang telah disediakan. (Dens)