HUT Kabupaten Tangerang Ke-388, Zaki Minta Masyarakat Tetap Gaspol Saat Pandemi

HUT Kabupaten Tangerang Ke-388, Zaki Minta Masyarakat Tetap Gaspol Saat Pandemi (Ans/nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID — Pemerintahan Kabupaten Tangerang mengusung tema “Sejarah Baru, Semangat Baru, Lawan Covid-19” di Hari Jadi Kabupaten Tangerang ke 388 tahun yang jatuh setiap tanggal 13 Oktober 2020. Di masa pandemi ini, peringatan terbentuknya Kabupaten Tangerang itu diselenggarakan secara virtual melalui rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Tangerang.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Tangerang itu digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Tangerang ke 388. Diawali dengan sekilas sejarah terbentuknya Kabupaten Tangerang yang diceritakan oleh tokoh Pemuda Berprestasi Pertukaran Pelajar Kabupaten Tangerang Ananda Dwi Saleha dan Dede Zulijaz secara virtual.

Disampaikan, jika pada 13 Oktober tahun 1632 Sultan Banten kala itu memerintahkan kepada tiga arya yakni Arya Wangsakara, Arya Jaya Sentika, dan Arya Maulana Yudhanegara, membuka perkampungan baru di antara Sungau Cisadane dan Cidurian, maka terbentuklah Kesultanan Lengkong Sumedang dengan Arya Wangsakara sebagai sultannya dengan nama Sultan Lengkong.

“Titi mangsa ini ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Tangerang yang kemudian disahkan dalam Perda Nomor 2 tahun 2020 tentang Hari Jadi Kabupaten Tangerang,” tutur Dede Zulijaz membuka Hut Kabupaten Tangerang ke 388

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengucapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Kabupaten Tangerang, atas dukungan kepada pemerintah daerah terutama dalam program pembangunan daerah. Menurutnya, dengan diperingati hari jadi tersebut, tentulah menjadi semangat pemda untuk terus bahu-membahu menata Kabupaten Tangerang di tengah Pandemi Covid-19.

“Pada momentum saat ini, tentu saja merupakan suasana baru bagi kita semua, untuk menengok kembali sejarah masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah terbentuknya Kabupaten Tangerang,” tandas Zaki.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail mengatakan, jika peringatan hari jadi Kabupaten Tangerang kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kata Kholid, jika pada tanggal 27 Desember 2020 lalu diperingati hari jadi Kabupaten Tangerang ke 76, maka setelah dilakukan penelitian, telah ditemukan fakta sejarah yang diyakini kebenarannya bahwa Kabupaten Tangerang terbentuk pada tanggal 13 Oktober 1632 dan saat ini sudah berusia 388 tahun.

“Kabupaten Tangerang telah menemukan kembali rantai sejarah yang sejatinya menjadi terbentuknya Kabupaten Tangerang yang kita cintai ini,” pungkasnya. (Ans)