Habiskan Seluruh Isi Bangunan, Ini Penyebab Kebakaran Supermarket BJ Home

Habiskan Seluruh Isi Bangunan, Ini Penyebab Kebakaran Supermarket BJ Home (Istimewa)

TANGSEL - Kebakaran yang menghabiskan seluruh isi Supermarket Bangunan BJ Home, di Serpong, Kota Tangsel beberapa waktu lalu, diduga diakibatkan oleh korsleting listrik.

Hal itu diungkap Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Rahmat Salam lewat pesan singkatnya. "Dugaan sementara karena korsleting listrik. Untuk taksiran awal kerugian, sekitar 100 juta. Nanti datanya menyusul," kata Rahmat, Jumat (31/8/2018).

Rahmat menyatakan, pada saat kejadian, didalam supermarket bangunan tersebut alat pemadam api ringan (apar). Diketahui, apar digunakan pada saat terjadi kebakaran awal, atau saat api belum menyebar.

"Ada apar, tapi tidak sempat digunakan," tambahnya.

Menurut informasi yang beredar, sulitnya pemadaman api di lokasi kejadian, karena banyaknya bahan mudah terbakar di supermarket bangunan tersebut. Ditambah lagi, lokasi pos air (hydrant) yang tidak tersedia disekitar lokasi.

Sekedar informasi, Hydrant pemadam kebakaran merupakan  perlindungan api aktif,  biasanya disediakan di sebagian wilayah perkotaan, pinggiran kota, dan pedesaan yang memiliki ketersediaan (pasokan) air yang cukup dan memungkinkan petugas pemadam kebakaran untuk menggunakan pasokan air tersebut untuk membantu memadamkan kebakaran. (ak)