Gubernur WH Dukung Langkah Tegas Zaki Soal Truk Berat

Gubernur WH Dukung Langkah Tegas Zaki Soal Truk Berat (Mn-nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mendukung langkah tegas Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar yang memberlakukan pembatasan angkutan untuk kendaraan bertonase melebihi kapasitas yang melintasi jalan arteri milik pemerintah daerah.

Menurut orang nomor satu di Provinsi Banten ini, langkah dan kebijakan Bupati tersebut sudah benar, karena kendaraan yang melaju di jalan arteri juga memiliki aturan main tidak sebebasnya sendiri melaju.

" Aturan yang dikeluarkan oleh Bupati melalui Perbup 47 tentang pembatasan melintas kendaraan bertonase berat sudah benar, karena itu berkaitan dengan penyelamatan aset pemerintah terkait jalan, jalan-jalan milik provinsi banyak yang selamat karena meminimalisasi dari kerusakan," terang mantan Walikota Tangerang dua periode ini, usai membuka acara Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi Hasil RKPD dan APBN Kabupaten Kota Se-Provinsi Banten, di aula Bappeda Kabupaten Tangerang, Kamis (16/01/20).

Wahidin Halim mengakui, jika upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten, ini berkaitan dengan penyelamatan nyawa manusia yang kerap menjadi korban akibat insiden kecelakaan di jalanan.

" Pada beberapa peristiwa dijalanan kita sering menerima informasi terkait adanya korban yang meninggal akibat kecelakaan yang melibatkan mobil truk bertonase berat tersebut," terang WH 

Gubernur menjelaskan, jika jalan arteri yang ada di Banten saat ini sesungguhnya hanya dapat dilintasi oleh kendaraan ringan di bawah 15 ton, namun faktanya kendaraan berat bertonase di atas 45 ton juga ikut melintas bebas.

" Kalau itu tidak atur dan diawasi oleh para kepala daerah di tingkat Kabupaten dan Kota, maka usia jalan bisa lebih cepat mengalami kerusakan," paparnya.

Sebelumnya ribuan santri di Teluknaga Kabupaten Tangerang turun ke jalan melakukan blokir jalan memprotes  maraknya truk pengangkut tanah yang melintas di jalanan dan menyebabkan santri menjadi korban kecelakaan.

Sementara itu, Bupati Zaki berjanji akan memaksimalkan Pergub 47 untuk bisa dimaksimalkan pelaksanaanya dengan terus berkordinasi dengan pihak kepolisian.

" Kita akan terus memberlakukan pembatasan atas kendaraan bertonase berat di wilayah Kabupaten Tangerang, dengan berkordinasi dengan kepolisian dalam pelaksanaannya, mengingat dampak yang ditimbulkan cukup meresahkan pengguna jalan lainnya," tegasnya. (Mn)