Gubernur Banten Segera Realisasikan Pendidikan Gratis

Gubernur Banten Segera Realisasikan Pendidikan Gratis ((am|Nonstopnews.id))

SERANG - Tahun ajaran baru sekolah 2018/2019, Pemprov Banten mulai menggratiskan pendidikan tingkat SMA/SMK yang berstatus sekolah negeri. Para siswa tidak lagi dipungut biaya oleh pihak sekolah alias gratis. 

Staf Khusus Gubernur Banten, Ujang Giri  mengatakan bahwa pendidikan gratis untuk siswa SMA/SMK ini merupakan wujud nyata hadirnya pemerintah ditengah-tengah masyarakat.

"Karena berbicara pendidikan merupakan layanan dasar yang harus dimaksimalkan pelayanannya sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan," ujar Ugi.

Ugi juga mengatakan bahwa pendidikan gratis untuk SMA/SMK ini merupakan bentuk komitmen pemerintah provinsi Banten dibawah kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy  demi mewujudkan kualitas pendidikan Banten yang lebih maju.

"Diketahui bahwa data yang dirilis dari BPS, angka partisipasi sekolah Banten masih rendah, pada tahun 2016 rata-rata lama sekolah di Banten baru mencapai 8,37 persen atau hanya sampai jenjang sekolah menengah pertama. Sedangkan data BPS tahun 2017 menunjukan Angka Partisipasi Murni (APM) setingkat SMA/SMK hanya mencapai 57,04 persen," jelas Ugi.

Ugi pun mengatakan dalam kurun waktu beberapa tahun kebelakang angka partisipasi sekolah Banten masih rendah. 

"Angka Partisipasi Murni (APM) juga masih rendah. Oleh karena itu dengan adanya pendidikan gratis diharapkan masyarakat Banten khususnya siswa yang akan melanjutkan ke tingkat SMA/SMK tidak ada alasan untuk para orang tua tidak menyekolahkan anaknya karena alasan tidak punya biaya pendidikan, karena mulai tahun ajaran baru 2018/2019 masyarakat Banten sudah bisa merasakan pendidikan gratis tingkat SMA/SMK," ujarnya.

Dalam Undang- Undang Pemerintah Daerah nomor 23 tahun 2014 bahwa pendidikan tingkat SMA/SMK menjadi kewenangan pemerintah Provinsi. Sebelumnya masih menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota dan kini sudah beralih ke provinsi.

"Proyeksi pendidikan gratis di Banten didukung dari anggaran biaya operasional sekolah (BOS) dan biaya operasional sekolah dari daerah (BOSDA) dari pemprov Banten ke SMA/SMK akan mengcover pembiayaan di sekolah sehingga para siswa tidak dipungut biaya pendidikan alias gratis," tambahnya.

Lanjut Ugi, Gubernur Banten Wahidin Halim memiliki kepedulian penuh untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai yang telah dituangkan dalam visi dan misinya sebagai Gubernur Banten. Tahun ajaran baru 2018/2019 pendidikan gratis siap direalisasikan. (am)