Gara-Gara Covid-19 Pebisnis Banyak Gulung Tikar, Baca Ini !

Gara-Gara Covid-19 Pebisnis Banyak Gulung Tikar, Baca Ini ! ()

NONSTOPNEWS.ID – Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai tips memulai bisnis, sekarang terdapat tips untuk mempertahankan bisnis kamu dikala pandemi saat ini. Selama pandemi Covid-19, pelaku usaha, terutama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang turut terdampak dari pandemi ini. Bahkan, pelaku usaha industri skala besar juga banyak loh yang terganggu. Tak hanya itu, pusat perbelanjaan juga banyak yang ditutup sementara, kafe dan restoran juga sepi dari pengunjung, serta berbagai usaha lainnya.

Tapi, ada berbagai cara yang bisa para pelaku usaha lakukan agar usahanya tetap berjalan. Sebab, kondisi saat ini sebenarnya bisa diambil hikmahnya, bahkan memiliki celah agar kegiatan usaha tidak berhenti. Dilansir dari Beritabaik.id terdapat tips agar bisnismu tetap lancar, yuk Simak ulasan dibawah ini !

Rencana Bisnis

Pastikan rencana bisnis kamu apakah bisa tetap berjalan atau tidak di tengah kondisi saat ini. Jika bisa berjalan, kamu bisa tetap menjalankannya. Tapi, jika sulit berjalan, kamu mungkin harus memikirkan rencana bisnis lain.

Promosi dan Cuci Gudang

Cara ini bisa jadi pemancing agar konsumen tetap mau berbelanja atau membeli barang produk kamu. Buatkan skema promosi semenarik mungkin. Bahkan, melalui promo itu, kamu bisa 'mengeluarkan' produk lama sekaligus.

Sebagai gambaran, pelaku usaha tas misalnya, bisa memberlakukan paket seperti membeli tas ransel dengan bonus waistbag. Tapi, tentu kamu harus jeli dalam hitung-hitungan juga ya agar tidak salah atau rugi dalam menjual. 

Mengubah Model Bisnis

Ini jadi salah satu kondisi riil yang bisa dijalankan. Jika selama ini kamu mengandalkan berbinis dengan tatap muka alias ada pertemuan antara konsumen dan pelaku usaha, kamu bisa mengubahnya. Misalnya dengan beralih atau mengandalkan sistem online atau daring.

Itu dia tips sederhana yang bisa kamu lakukan agar bisnis mu tetap berjalan.