Galakkan Literasi, Airin Bedah Buku Karya TBM Magma Tangsel

Galakkan Literasi, Airin Bedah Buku Karya TBM Magma Tangsel (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany melaunching buku beejudul 'Langkah menuju seribu prestasi'. Buku Langkah tersebut merupakan terbitan dari Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Magma. Buku Langkah ini menginspirasi budaya literasi di Tangsel.

“Ini bukti  sebuah kekompakan yang bisa menghasilkan sesuatu yang positif,” ungkap  Airin, di Auditorium lantai 2, Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (8/4/2019).

Ia menyatakan,  lambat laun, kini komunitas TBM di Tangsel terus menggeliat untuk melakukan dan menggalakkan budaya membaca di masyarakat.

”Tulisan di buku-buku ini, sangat inspiratif, dengan satu langkah dan kolaborasi yang baik melahirkan kekompakan untuk membudayakan membaca,” terangnya 

Airin juga berharap, semangat seperti ini  terus dijaga untuk selalu memotivasi warga lainnya akan pentingnya membaca sebagai penambah wawasan dan pengetahuan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel, Dadang Raharja mengapresiasi langkah TBM untuk meluncurkan buku tentang tulisan yang menginspirasi.

”Adanya buku Langkah ini akan menambah khasanah koleksi buku Tangsel,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Komunitas TMB Magma Herlina Mustikasari mengatakan kumpulan tulisan TBM hingga akhirnya menjadi buku. Selain itu, ada juga buku fiksi remaja setebal 380 halaman yg ditulis oleh Chandrika anak usia 13 tahun.

"Memotivasi para pegiat bahwa anak generasi Z ternyata juga bisa menoleh dari gadget dengan suka membaca dan kemudian mau menuliskan. Alhamdulillah, komunitas TBM Magma telah mempublikasikan tiga buah buku yang ditulis para warga TBM,” jelasnya.

Hal ini sangat membanggakan bahwa budaya literasi di TBM tidak hanya berhenti di membaca tetapi juga berkarya dengan menulis.

“Rencana kedepan kami akan menggalakkan kegiatan menulis untuk mencapai satu TBM sat karya tulis dalam tahun ini,” tambahnya

Diketahui, TBM Magma telah mempublikasikan 3 buku yang ditulis para warga TBM. Pertama buku Langkah, kedua buku nerjudul Mimpi, yang merupakan kumpulan puisi-puisi kelompok TBM Kolong dan Langit Buta Bulan Bisu cerita fiksi. (*/ak)