Fokus Smart City, Kota Tangerang Jadi Finalis Ajang Top IT dan Telco

Fokus Smart City, Kota Tangerang Jadi Finalis Ajang Top IT dan Telco (Nonstopnews.id)

TANGERANG- Pemerintah kota Tangerang menjadi salah satu finalis pada ajang Top IT dan Telco Tahun 2018 yang diinisiasi majalah yang bergerak di bidang teknologi komputerisasi IT Works.

Kegiatan rating tahunan Top IT dan Telco diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada instansi, pengusaha dan pemerintah yang dinilai berhasil sebagai pengguna dalam pemanfaatan IT Telco di sebuah instansi.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah berkesempatan memaparkan penggunaan IT sebagai salah satu alat utama menjalankan roda pemerintahan di Kota Tangerang pada acara penjurian Top IT dan Telco 2018.

Dirinya menjabarkan tentang aplikasi Tangerang Live yang menjadi rumah dari sekian banyak aplikasi yang dimiliki Pemkot Tangerang.

"Sejak tahun 2013, kami sudah mulai menyusun aplikasi yang bisa membantu pemerintah Kota Tangerang," ucap Arief pada acara yang digelar di Mercantile Athletic Club  Jakarta - Gedung World Trade Center I, Jakarta, Selasa (16/10).

Pada kesempatan tersebut, Arief juga menyampaikan tentang perjalanan pemerintah Kota Tangerang dalam menjalankan konsep Smart City dalam sistem birokrasi di Pemkot Tangerang.

"Di tahun 2016 kami membuat 170 aplikasi yang terintegrasi satu sama lain. Sekarang di tahun 2018 kami sempurnakan menjadi tangerang Live 3.0 dengan menggunakan sistem geospasial. Jadi alurnya 2016 1.0 integrasi aplikasi, 2017 2.0 layanan publik, 2018 3.0 aplikasi geospasial," ujar Arief.

Selain itu pada acara yang juga turut dihadiri Hidayat Tjokrojojo (Ketua Penasehat Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) dan Moh. Lutfi Handayani ( Pimpinan Redaksi Majalah IT Works ), Arief mengemukakan gagasannya tentang penggunaan virtual KTP di Kota Tangerang yang akan diintegrasikan dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) milik Kemendagri.

"Alasannya simpel, karena kita lebih sering lupa bawa KTP dibanding bawa HP," jelas Arief.

Terakhir, Arief menyampaikan harapannya tentang pemanfaatan teknologi dalam sistem pemerintahan Pemkot bagi kemaslahatan warga Kota Tangerang.

"Kebanggan saya dimana aplikasi Tangerang Live bisa bermanfaat  bagi masyarakat. Dan juga kalau masyarakat bisa bilang bangga tinggal dan jadi masyarakat Kota Tangerang," tutup Arief.(RMI)