Fix! Pilpres 2019 : Jokowi-Ma'ruf  Nomor Urut 1, Prabowo-Sandi Nomor 2

Fix! Pilpres 2019 : Jokowi-Ma'ruf  Nomor Urut 1, Prabowo-Sandi Nomor 2 ((Ilustrasi/Net))

JAKARTA - Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 telah  ditetapkan nomor urutnya, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta pada Jumat (21/9/2018) malam.

Saat proses pengundian, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan ada dua tabung yang disediakan oleh KPU untuk pasangan calon Jokowi-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk mengambil antrean nomor urut. 

Kemudian, dalam satu tabung berisi angka 1 sampai 10 sebagai nomor antrean siapa yang akan mengambil duluan undian nomor urut.

Setelah itu, Arief mempersilakan kepada calon Wakil Presiden untuk membuat nomor antrean dalam pengundian nomor urut. Menurut dia, jika mendapatkan angka kecil maka hukum mengambil duluan undian nomor urut.

Akhirnya, Sandi mendapat angka satu dan Ma'ruf mendapat angka sepuluh. Kemudian kedua calon presiden, Jokowi dan Prabowo diminta maju oleh Arief untuk mengambil nomor urut di dalam kotak yang telah disediakan.

Sesuai antrean, Prabowo menempati nomor urut duluan setelah itu baru Jokowi. Namun, komando untuk melihat ada di Ketua KPU. Jadi, sebelum dibuka dihitung secara bersama-sama oleh Arief. 

"Satu, dua, tiga. Silakan dibuka," ucapnya.

Pasangan Prabowo-Sandi mendapat nomor urut 2 dan pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat nomor urut 1. Para pendukung kedua pasangan ini sontak bersorak sorai menyuarakan yel-yel masing-masing. (ibc/red)