Fasum yang Dipakai Pasmod BSD, DPPKAD Tangsel: Itu Tupoksinya Dishub

Fasum yang Dipakai Pasmod BSD, DPPKAD Tangsel: Itu Tupoksinya Dishub (Nonstopnews.id)

TANGSEL - Fasilitas umum (Fasum) Kota Tangsel yang terletak bersebelahan dengan Pasar Modern BSD, menjadi perdebatan. Lokasi yang akan dijadikan Terminal Serpong tersebut, merupakan aset yang terbengkalai, pasca dijadikan lokasi parkir beberapan tahun lalu.

Dijelaskan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel Sukanta, bahwa aset tersebut merupakan kewenangan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKD). Untuk dipergunakan menjadi terminal, pihaknya (Dishub) hanya terlibat dalam kajian Satuan Ruang Parkir (SRP).

"Oh itu bukan kosong, memang dilarang parkir dan rencana akan dibangun terminal. Sekarang tahap lelang, info dari dinas bangunan dan penataan ruang," kata Sukanta lewat pesan whatsappnya.

"Sewa lahan, ranahnya Aset, Pa Warman. Semua lahan parkir milik Pemda Tangsel sewa lahan pihak Aset. Keterlibatan dishub diparkir, hanya mengkaji Satuan Ruang Parkir (SRP)," tambahnya.

Dihubungi terpisah, Kepala DPPKAD Warman Syanudin justru melempar kewenangan tersebut diranah Dishub. Dirinya berkilah, lokasi yang akan dijadikan terminal dan terkait sewa lahan parkirnya, merupakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Dishub.

"Selamat sore,  kalau parkir bang, tupoksinya di Dishub. Kalau ini (dijadikan Terminal Serpong) saya harus lihat data dulu. Nanti saya tanya ke dishub," kata Warman.

Diberitakan sebelumnya, menurut salah seorang pedagang di sekitar lokasi, lahan tersebut memang pernah digunakan untuk lokasi parkir bagi warga yang hendak berbelanja di Pasar Modern BSD. Namun, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan. (ak)