Enaknya Pemkot Tangerang, Dikasih Aset Gratis Senilai 315 Milyar

Enaknya Pemkot Tangerang, Dikasih Aset Gratis Senilai 315 Milyar (Nonstopnews.id)

TIGARAKSA - Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama DPRD dalam Rapat Paripurna menyepakati penyerahan aset kepada Pemkot Tangerang yang nantinya menjadi aset Kota Tangerang, Senin, (17/12/2018).

Dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten  Tangerang, Sumardi ini, dihadiri langsung Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wakil Bupati Tangerang Mad Romli serta turut hadir Wakil Walikota Tangerang Syahrudin bersama sejumlah anggota DPRD Kota Tangerang.

Sumardi mengatakan permohonan aset sudah berlangsung lama sejak tahun 2014, melalui surat walikota Tangerang berdasar Undang-Undang Nomor 2 tahun 1993 tantang pembentukan Kota Tangerang.

"Hari ini kita paripurnakan, dan semua fraksi menyetujui penyerahan aset tersebut agar bermanfaat bagi masyarakat kota Tangerang," ungkapnya.

Sementara Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan pemindahtanganan aset Pemkab Tangerang ini dilakukan dengan cara hibah.

"Rencana pemindahtanganan aset Pemerintah Kabupaten Tangerang yang akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Tangerang dilaksanakan dengan cara hibah," terang Zaki.

Diakui Zaki, Penyerahan aset didasarkan pada Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tangerang Tahun Anggaran 2017 Nomor : 20c/LHP/XVIII.SRG/05/2018 Tanggal 23 Mei 2018

"Dalam LHP BPK dinyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang belum selesai melakukan Proses Serah Terima Aset tetap dengan Pemerintah Kota Tangerang sebanyak 56 ( lima puluh enam ) bidang Tanah beserta Bangunan," paparnya.

Dasar penyerahan aset juga merujuk Surat Menteri Dalam Negeri Nomor : 032/8776/OTDA Tanggal 5 November 2018 perihal Fasilitasi Penyelesaian Permasalahan Aset.

"Prinsip penyerahannya sudah bisa dilangsungkan, karena Berita Acara Hasil Rapat Serah Terima Aset Antar Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan Pemerintah Kota Tangerang Nomor : 125/3525-Pem/2018 tanggal 26 Nopember 2018 sudah dilaksanakan," jelasnya

Total terdapat 56 aset milik Pemkab Tangerang yang diserahkan kepada Pemkot Tangerang.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin yang hadir dan menyaksikan secara langsung penandatanganan serah terima aset menyampaikan apresiasinya kepada pihak Pemkab dan DPRD Kabupaten Tangerang.

“Akan banyak yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, oleh karenanya pemkot akan menata kelola asetnya nanti,” ujarnya.

Sachrudin mengatakan penyerahan aset yang sudah disetujui melalui hibah baik tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp 315 Milyar lebih ini nantinya akan diprioritaskan untuk kebutuhan masyarakat. (red)