Enaknya Jadi PNS Pemrov Banten, Tukin Mulai Kembali Normal Walau Pandemi

Enaknya Jadi PNS Pemrov Banten, Tukin Mulai Kembali Normal Walau Pandemi (Ilustrasi/Net)

NONSTOPNEWS.ID - Sejak bulan juni lalu, Pegawai Negeri Sipil (PNS) menerima Tunjangan Kinerja (Tukin) hanya 50 persen dari yang diterimanya. Hal tersebut dampak dari menurunnya keuangan Pemprov Banten akibat pandemi Covid-19, dan dialokasikan untuk penanganan bencana non alam tersebut.

Akan tetapi, saat ini Pemprov Banten berencana menambahkan Tukin PNS 25 persen dari yang diterima pada November dan Desember mendatang, sehingga bakal menjadi 75 persen.

Hal demikian dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti.

“Meski belum menerima secara utuh, InsyaAllah untuk November dan Desember ASN kembali menerima tukin 75 persen,” ucapnya saat dikonfirmasi, Senin, 31 Agustus 2020.

Meski sebelumnya Pemprov mengajukan pinjaman daerah kepada Pemerintah Pusat melalui PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Ia memastikan, pinjaman tersebut tidak diperuntukkan bagi pembayaran tukin ASN

“Pinjaman daerah itu bukan untuk bayar tukin pada abdi negara,” katanya.

Ia menuturkan, di perubahan APBD 2020 belum bisa memberikan 100 persen tukin, tetapi kepastian kenaikan 75 persen

Ia menambahkan, penerimaan tukin sebesar 75 persen tersebut telah diakomodir dalam Perubahan APBD 2020, yang saat ini sedang dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Selain itu, kenaikan terjadi karena sudah mulai membaiknya pendapatan daerah dalam beberapa waktu terakhir.

“Sudah anggarkan. Kegiatan di OPD sudah mulai dilakukan dan dianggarkan kembali serta tren pendapatan mulai membaik,” tandasnya. (SBN/eag)
|