Edan! Transfer Pemain LaLiga Capai Rp 16,3 Triliun

Edan! Transfer Pemain LaLiga Capai Rp 16,3 Triliun (Ilustrasi/Net)

NONSTOPNEWS.ID – Sejak dibuka bursa transfer musim panas, klub-klub Eropa terutama yang ada di Liga Spanyol terus menunjukkan pergerakan luar biasa. Buktinya, belanja pemain LaLiga bisa mencapai Rp 16,3 triliun.

Antoni Griezmann menjadi transfer pemain termahal paling anyar La Liga. Pemain Prancis itu diboyong Barcelona dari Atletico Madrid seharga 120 juta Euro (Rp 1,8 triliun).

Sebelum itu, ada pembelian Joao Felix dari Benfica oleh Atletico. Tebusan untuk pemain 19 tahun itu sebesar 120 juta Euro, yang bisa bertambah 6 juta Euro (Rp 94 miliar) karena pembayarannya dicicil.

Dari Real Madrid, Eden Hazard merupakan pembelian mahalnya. Pemain Belgia itu membuat El Real harus merogoh kocek 100 juta Euro (Rp 1,6 triliun).

Dalam data yang dilansir oleh Transfermarkt, ada 238 pembelian pemain di LaLiga. Sebanyak 20 klub kasta teratas Liga Spanyol sudah membelanjakan 1,03 miliar Euro (Rp 16 triliun).

Real Madrid menjadi klub paling boros, dengan jumlah belanja sekitar 300 juta Euro (Rp 4,7 triliun). Selain Hazard, Madrid juga mendatangkan pemain mahal lainnya seperti Luka Jovic, Eder Militao, Ferland Mendy, dan Rodrygo.

Barcelona ada di peringkat kedua dengan jumlah belanja 233 juta Euro (Rp 3,7 triliun). Pembelian mahal kedua Barca saat mendatangkan Frenkie de Jong. Dia ditebus dengan nilai transfer 75 juta Euro (Rp 1,2 triliun).

Atletico menempati peringkat ketiga. Total belanja mereka sudah menembus 196,5 juta Euro (Rp 3,1 triliun). Pembelian termahal kedua mereka Marcos Llorente, yang ditebus dari Real Madrid dengan bayaran 30 juta Euro (Rp 473 miliar).

Seperti dikutip dari Marca, dengan jumlah belanja itu, LaLiga unggul jauh dibandingkan lima liga besar Eropa. Premier League ada di posisi kedua dengan jumlah belanja 675 juta Euro (Rp 11 triliun), menyusul kemudian Serie A yang sudah membelanjakan 674 juta Euro (Rp 10 triliun), lalu Bundesliga dengan jumlah belanja 530 juta Euro (Rp 8,3 triliun), terakhir Liga Prancis dengan total belanja sejauh ini 226 juta Euro (Rp 3,6 triliun). (Rn/red)