Dinsos Kembalikan Bansos ke Kas Daerah Sebanyak 3 Miliar

Dinsos Kembalikan Bansos ke Kas Daerah Sebanyak 3 Miliar (Istimewa)

NONSTOPNEWS.ID - Selama pembagian sosial pada tahun 2020 kemarin, dari kuota bantuan Kabupaten Tangerang, Dinas Sosial Kabupaten Tangerang mengembalikan dana bantuan ke kas daerah senilai 3 Miliar Rupiah.

Pengembalian dana bantuan sosial kuota Kabupaten Tangerang ini terjadi akibat adanya rangkap penerima dalam satu keluarga serta penerima manfaat yang tidak mengambil bantuan tersebut semenjak tahap pertama.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tangerang Ujat Soedrajat mengatakan kita mengembalikan dana bantuan sosial kuota Kabupaten ke kas daerah karena hasil temuan dilapangan.

" Cut off terjadi pada keluarga yang menjadi penerima ganda mencapai 1,5 miliar dan warga yang tidak mengambik bantuan tersebut semenjak tahap pertama yang mencapai 1,5 miliar juga, total uang yang dikembalikan ke kas daerah mencapai 3 miliar rupiah," terang Ujat Soedrajat, Kamis (7/01).


Ujat mengakui, pada tahun 2020 penerima bansos kuota Kabupaten berhasil di traking penerimanya sehingga kita bisa mengambil ikan uang tersebut kedalam kas daerah.

" Bukan kelalain pendataan, ini adalah bukti kita melakukan validasi atas data yang masu ke dinas melalui kecamatan hasilnya terdapat beberapa yang harus di kembalikan uang tersebut pada kas daerah," paparnya.

Ujat Soedrajat mengakui kalau variabel penerima bansos saat ini terus mengalami validasi untuk melakukan perbaikan data dan informasi.

" Pengembalian ke kas daerah merupakan perintah BPK dan institusi hukum supaya uang negara tepat sasaran," paparnya.

Nilai bantuan yang di berikan Pemerintah untuk masyarakat dari  kuota bantuan Kabupaten Tangerang mencapai Rp 600.000. " Nilai bantuan mencapai Rp 600.000 setiap terminnya dimana untuk satu penerima manfaat  di berikan dalam tiga termin dengan besaran yang sama," paparnya. (red)