Dinilai Sukses Kembangkan Literasi, Perpustakaan di Kab Tangerang Ini Akan Berlaga di Tingkat Nasional

Dinilai Sukses Kembangkan Literasi, Perpustakaan di Kab Tangerang Ini Akan Berlaga di Tingkat Nasional (Mn-nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Perpustakaan dengan nama 'Cahaya Ilmu' di Desa Mekar Baru, Kecamatan Mekar Baru, Kabupaten Tangerang, menjadi perwakilan Provinsi Banten dalam lomba Perpustakaan Tingkat Nasional. Ajang yang cukup bergengsi tersebut rencananya akan diselenggarakan di Perpustakaan Nasional pada 14-16 Agustus mendatang, Selasa (05/08/2019)

"Kita masuk 6 besar bersaing dengan, Provinsi Sumatera barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung dan Gorontalo. Tinggal ekspose kembali tanggal 14 hingga 16 agustus hingga pengumuman juara bulan ini juga," ungkap Aang Junaedi Ketua Perpustakaan Cahaya Ilmu di gedung Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, Selasa (06/08/2019)

Ia menerangkan, jika Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru sudah berdiri sejak tahun 2012 lalu. Hingga saat ini, perpustakaan yang berada di ujung wilayah Pantura tersebut sudah memiliki koleksi buku sebanyak 4.750 buah didominasi oleh buku-buku novel. 

"65 persen pembaca kita dewasa, sekitar 35 persen pembaca anak-anak kita juga ada kegiatan-kegiatan lain seperti pelatihan photografi dan pelatihan membuat masker organik," ungkapnya

Sementara itu, Sekretaris Daerah Moch. Maesyal Rasyid mengapresiasi hasil kerja keras teman-teman dari Perpustakaan Cahaya Ilmu, yang merupakan perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan Kabupaten Tangerang. Ia juga mengaku bangga perpustakaan yang berada di wilayah Kabupen tersebut menjadi satu-satunya perwakilan dari Banten dalam lomba perpustakaan di tingkat nasional. 

"Ternyata ada komunitas pemuda di daerah itu tanpa pamrih mendirikan tempat untuk dijadikan perpustakaan dan berhasil mewakili Banten di tingkat nasional," katanya

Ia berharap, ke depannya, keberhasilan mencerdaskan anak bangsa ini bisa terus dilakukan oleh para pendiri dari perpustakaan tersebut. 

"Saya harap nanti semua pihak baik itu kepala Desa, Camat dapat terus mensuport karena perpustakaan adalah sebuah sarana instrumen untuk mensuport masyarakat supaya lebih cerdas," pungkasnya. (Mn)