Didepan Tim Akreditasi, Sekda Ingatkan Pelayanan RS Balaraja Harus Smart dan Nyaman

Didepan Tim Akreditasi, Sekda Ingatkan Pelayanan RS Balaraja Harus Smart dan Nyaman
Didepan Tim Akreditasi, Sekda Ingatkan Pelayanan RS Balaraja Harus Smart dan Nyaman
(Mn-nonstopnews.id)

NONSTOPNEWS.ID - Pemerintah Kabupaten Tangerang pastikan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Balaraja berlangsung maksimal dengan penuh keramahan petugas rumah sakit, pelayanan ini baik dalam penataan kebersihan, penataan medis serta  obat-obatan semuanya harus dilakukan dengan penuh tugas dan tanggung jawab.

Hal itu dikatakan Sekertaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesal Rasyid yang juga Ketua Dewan Pengawas RSUD Balaraja, bahwa mutu dan kualitas pelayanan harus menjadi prioritas seluruh elemen terkait di RSUD Balaraja.

"Kesehatan bagian dari visi misi Bupati Tangerang, sehingga tidak ada alasan bagi siapapun untuk abai akan hal ini. Suasana RSUD harus smart dalam memberikan pelayanan, ruangan dan lingkungan tertata dengan baik, petugas dari tingkat kebersihan dan perawat serta tim dokter mampu memberikan rasa nyaman dan bahagia bagi pasien," terangnya, Rabu (13/11/19) usai menerima kunjungan Surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Menurut orang nomor tiga di Kabupaten Tangerang ini, dirinya tidak mau hanya menerima laporan 'asal bapak senang', sehingga dia harus datang langsung keruang-ruang perawatan secara acak untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan petugas.

"Dari sejumlah ruangan yang kita datangi secara acak, pasien mengaku puas dengan kebersihan dan pelayanan petugas RSUD Balaraja, sehingga hal ini harus dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya," paparnya.

Sementara itu Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Tangerang Muhamad Ali mengatakan, adanya penilaian dari tim independen yaitu surveyor KARS,  menjadi barometer bagaimana pengelolaan manajemen RSUD, sehingga kualitas pelayanan bisa dirasakan pasien.

"DPRD mendukung penuh peningkatan kualitas mutu pelayanan di RSUD Balaraja, sehingga rakyat yang membutuhkan penanganan medis tertangani dengan baik," terang Politisi Partai Demokrat ini.

Sedangkan Direktur Utama RSUD Balaraja Reniati Herdis mengatakan, kedatangan Surveyor dari KARS adalah untuk melakukan pendampingan terhadap mutu dan kualitas pelayanan, baik secara administratif ataupun faktual lapangan di ruang pelayanan.

"Surveyor KARS, akan mampu mengawal lebih jauh perbaikan mutu pelayanan di RSUD Balaraja Berkaitan peningkatan mutu sangat berkaitan erat dengan standar keselamatan pasien khususnya di rumah sakit," paparnya.

Standarisasi yang di keluarkan KARS diakui Reniati merupakan rujukan seluruh rumah sakit di Indonesia, karena KARS merupakan lembaga kredibel.

"Melalui tindak lanjut rekemondasi pihak KARS ini kita bangun komitmen bersama agar peningkatan mutu pelayanan bisa standar sesuai yang kita harapkan,” pintanya. (mn)