Dibekuk Buser, Begini Modus Baru Pelaku Pembobol ATM di Kebon Jeruk

Dibekuk Buser, Begini Modus Baru Pelaku Pembobol ATM di Kebon Jeruk (Nonstopnews.id/wr)

JAKARTA - Kasus dengan modus baru membobol uang ATM milik Bank BRI diungkap Reserse Kriminal Polsek Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Satu dari tiga orang pelaku sempat dibekuk setelah mobil yang ditumpangi kawanan itu menabrak beberapa kendaraan di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Seorang pelaku yang diringkus berinisial ZN (25) diduga telah puluhan kali melakukan aksis serupa. Dari tangan pelaku disita mobil Honda City warna hitam nopol B-1072-VFS dan perlengkapan alat pebgait uang ATM serta kartu ATM.

"Pelaku lain yang sudah diketahui identitasnya masih dalam pengejaran" kata Kapolsek Kebon Jeruk, Kompol Marbun, Jumat (12/10) sore.

Kasus tersebut terungkap, sebagaimana diterangkan Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk, AKP Josman Harianka, kepada awak media, berawal dari informasi warga yang curiga terhadap kawanan pelaku dengan gerak geriknya mencurigakan, seperti terekam pada pesawat CCTV. 

"Saat para pelaku didatangi warga malah kabur sehingga dikejar massa," terang Josman.

Saat itu seorang pelaku dibekuk sedangkan dua lainnya kabur. Pelaku ditangkap anggota Reskrim Polsek Kebon Jeruk yang mengetahui kejadian tersebut dan sempat mengancam akan menembak jika tidak menyerah.

Dipaparkan Josman, modus baru menguras isi ATM Bank BRI dilakukan para tersangka diperkirakan sudah sering, mereka melakukan aksinya menggunakan kartu  ATM hasil kejahatan.

Disaat mesin ATM sedang melakukan proses pengambilan uang, ketika sejumlah uang keluar kemudian mesin ATM dimatikan pelaku menggunakan saklar lain yang disiapkan pelaku .

"Maka pada waktu uang sudah keluar, pelaku memakai alat penjepit mengambil satu persatu uang di dalam boks ATM ," jelas Josman lagi.

Maka atas kejadian tersebut, korban dalam hal ini PT Bank BRI Persero mengalami kerugian srbesar Rp 22.500.000.- (Dua puluh dua juta lima ratus ribu rupiah).(wr)