Dibanderol 7 Jutaan, PlayStation 5 Segera Diluncurkan 

Dibanderol 7 Jutaan, PlayStation 5 Segera Diluncurkan  (ist)

NONSTOPNEWS.ID - Produsen PlayStation,  Sony mengaku segera mengeluarkan produk terbaru varian PlayStation seri 5 (PS5). Sontak informasi ini membuat penggemar game heboh. Walau belum pasti tapi kemunculannya sudah ditunggu-tunggu.

Hal itu dilansir dari situs teknologi asal Belanda, Lets Go Digital telah membuat prediksi desain PS5. Untuk harga berkisar Rp 5-7 juta. 

Mengomentari hal tersebut, seorang pemilik rental warnet mengaku harus mengeluarkan kocek lebih dalam lagi, karena yang ada atau beredar masih PS2 dan PS3.

"Kalau PS5 muncul, pastinya PS2 dan PS3 masuk tong sampah lah. Mana laku lagi kalau buat rental," tegas Ahmadi, pemilik rental PS di kawasan Cibubur, Jaktim, Kamis (2/4/2019). 

Jika melihat prediksi versi Lets Go Digital, PS5 akan tampil jauh lebih ramping dibandingkan versi-versi sebelumnya. PS5 tampak seperti kotak yang terdiri dari bebeberapa lapisan yang ditumpuk. 

Terdapat torehan segitiga pada bagian atas perangkat, dan logo PS5 ditempatkan di tengah-tengah segitiga tersebut. 

Beberapa waktu lalu, Sony mengonfirmasi bahwa mereka sedang menggarap PS5, namun peluncurannya belum akan terjadi dalam waktu dekat. PS5 paling cepat hadir sekitar April atau Mei 2020. 

Adapun beberapa informasi yang sudah dikonfirmasi perusahaan asal Jepang ini antara lain soal grafis 8K, dukungan GPU custom berbasis seri Radeon Navi dari AMD dan ray-tracing.

Tak hanya grafisnya yang dipermak signifikan, Sony juga memberi isyarat akan ada peningkatan dukung audio 3D yang mengesankan dan SSD yang akan membantu waktu loading lebih cepat.

Jika melihat segala hal yang dijanjikan, kelihatannya memang konsol ini akan menjadi perangkat yang mahal, dan Sony tidak memungkirinya. Namun mereka menyatakan bahwa harga yang dibanderol tetap akan menarik bagi para gamer.

Lead Architect PlayStation 4, Mark Cerny mengatakan, konsol baru ini tidak hanya merupakan PlayStation 4 dengan spesifikasi yang di-upgrade, seperti PlayStation 4 Pro. PlayStation 5 akan memiliki hardware yang benar-benar baru. 

PS5 akan menggunakan CPU eight-core yang berbasis dari AMD Ryzen generasi ketiga yang dibangun menggunakan arsitektur 7nm Zen 2.

Untuk GPU-nya, PlayStation 5 akan menggunakan GPU custom yang berdasarkan AMD Radeon Navi. Digunakannya GPU ini memungkinkan PlayStation 5 untuk memiliki fitur grafis ray-tracing, dan menjadi konsol game pertama yang mendukung fitur ini. 

Salah satu perubahan besar untuk urusan spesifikasi adalah PlayStation 5 akan menggunakan solid state drive (SSD) untuk menggantikan hard drive. Dengan menggunakan SSD, Sony menjanjikan waktu loading dan gameplay yang lebih responsif.

Sony juga ingin mengoptimalkan pengalaman audio dengan menyiapkan PlayStation 5 untuk mendukung 3D audio.

PlayStation 5 tidak akan meluncur tahun ini, walaupun para developer telah menerima devkits untuk mengembangkan game. Sehingga diperkirakan rumor yang menyebut konsol ini akan diluncurkan pada tahun 2020 benar adanya. (radarnonstop)