Dekonpinda dan Dinas UMKM Koperasi, Cetak Entrepreneur Muda Lewat Jambore 'Aku Cinta Koperasi'

Dekonpinda dan Dinas UMKM Koperasi, Cetak Entrepreneur Muda Lewat Jambore 'Aku Cinta Koperasi' ((Dekonpinda Tangsel) )

TANGSEL - Dalam rangka Hari Koperasi Nasional ke-71 pada 2018 ini, Dewan Koperasi Indonesia Daerah bekerja sama dengan Dinas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Koperasi Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mengadakan Jambore Aku Cinta Koperasi tingkat kota, yang serempak diadakan di seluruh Kota/Kabupaten di Indonesia.

Dalam Jambore tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas UMKM dan Koperasi Kota Tangsel, Dahlia Nadeak menyatakan, para bibit-bibit muda, diajarkan bagaimana menjadi entrepreneur muda, terlebih dalam pengenalan koperasi. 

"Disini mereka (bibit muda koperasi) diajarkan bagaimana menjadi wirausaha muda, bagaimana mengelola sebuah badan, yakni koperasi, baik di sekolah maupun di lingkungan mereka. Intinya, diberikan bekal dan pemahaman akan koperasi," kata Nadeak saat ditemui di lokasi pemantapan Jambore, di Yon Kavaleri 9 Cobra, Serpong, Kota Tangsel, Sabtu (1/9/2018).

Nadeak menambahkan, dalam pemantapan, para peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMU dan sederajat tersebut, diberikan bekal dalam berbicara, berperilaku layaknya seorang entrepreneur.

"Jadi ada pemateri publik speaking, pemahaman koperasi, bagaimana mengelolanya, ada juga nanti dari BNN. Kalau dari BNN, lebih kepada antisipasi anak-anak muda, agar tidak terjerumus dalam narkoba, misalnya BNN meminta ada pemeriksaan atau tes, ya kita persilahkan. Intinya agar wirausaha-wirausaha muda Tangsel, merupakan bibit pilihan. Pintar berbicara, berperilaku, dan bebas dari narkoba," tambahnya.

Gelaran Jambore Aku Cinta Koperasi tingkat Tangsel tersebut, akan dilaksanakan di Halaman Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangsel, yang terletak di Jalan Maruga No. 1, Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat. 

"Nanti akan ada perlombaan cerdas cermat, dan pemilihan Duta Koperasi di Puspem. Cerdas cermat itu tanggal 4 September, untuk lomba pemlilihan Duta Koperasinya tanggal 16 September. Baru setelah itu, kita kirim ke Jambore Provinsi Banten, di awal Oktober," pungkasnya.

“Kegiatan ini berdasarkan program kerja Dekopinda Kota Tangsel sesuai Surat Keputusan Dekopinda Tangsel dan Undang-undang Perkoperasian No. 25 Tahun 1992,” kata Tito W. Rudiarto selaku Koordinator Acara Panitia Pelaksana Jambore Aku Cinta Koperasi.

Menurutnya, Jambore Aku Cinta Koperasi adalah satu program edukasi pembelajaran dari Dekopinda Kota Tangsel untuk generasi muda penerus pergerakan perekonomian kerakyatan untuk dapat melanjutkan estafet membangun perekonomian yang sesuai dengan makna prinsip perjuangan perkoperasian.

“Jambore Aku Cinta Koperasi ini sebagai sarana pendidikan pembelajaran perkoperasian sesuai dengan peraturan perundangan perkoperasian serta didukung pula adanya pembekalan mental dalam mengembangkan potensi diri yang lebih baik lagi sehingga dapat menjalankan estafet roda perekonomian bangsa Indonesia yang lebih maju, kuat dan berkarakter,” ujarnya. (ADVETORIAL)