Deklarasi #2019GantiPresiden Tak Diberi Izin, Bamus Tangsel: Kepolisian Itu Lembaga Netral

Deklarasi #2019GantiPresiden Tak Diberi Izin, Bamus Tangsel: Kepolisian Itu Lembaga Netral (Istimewa)

TANGSEL - Setelah posternya ramai di media sosial (medsos), Deklarasi #GantiPresiden yang akan digelar di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), hingga kini masih belum dapat dipastikan akan terlaksana.

Dalam poster yang menyebutkan bahwa gelaran itu, akan dilaksanakan Ahad (Minggu) 9 September besok, hingga kini diketahui belum memberikan pengajuan terkait keamanan kepada kepolisian setempat.

Kepolisian Resort (Polres) Tangsel, melalui Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan mengatakan bahwa, pihaknya hingga saat ini belum menerima pengajuan terkait deklarasi tersebut.

"Sampai saat ini tidak ada yang mengajukan izin kepada kami," kata Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan, saat dihubungi, Jumat (7//9/2018).

Kapolres bahkan tidak akan memberikan izin kegiatan tersebut, dengan alasan kondusifitas di masyarakat.

"Kita tidak berikan izin dengan pertimbangan akan menimbulkan gesekan di masyarakat. Polisi akan melihat situasi di lapangan. Kalau nanti ternyata akibat gerakan mereka, di masyarakat bisa terjadi gesekan, ya kita bubarkan," tambahnya.

Menilai hal itu, Ketua Badan Musyarawarah (Bamus) Tangsel, Julham Firdaus menuturkan, pihaknya tetap menghormati kepolisian, sebagai lembaga negara yang diamanatkan menjaga keamanan dan kenyamanan.

"Belum (pengajuan keamanan). Nantilah, kalau sudah ada pengajuan. Dan sikap Polres gimana (menanggapi pengajuan), baru kita bicara. Ya Polres kan institusi keamanan yang harus melindungi dan menjaga aksi mengemukakan pendapat dengan cara yg baik dan sesuai ketentuan Undang Undang," kata pria yang akrab disapa Julham tersebut, Sabtu (8/9/2018).

Julham menambahkan, pihaknya akan mengawal setiap kegiatan untuk menyuarakan pendapat, termasuk deklarasi yang nantinya akan digelar.

"Jadi Polres sifatnya menunggu apa yang ingin kelompok, masyarakat atau organisasi untuk memberikan pandangan di muka umum. Kepolisian adalah lembaga netral yang sepenuhnya melindungi masyarakat dan menjaga keamanan.

Terkait akan terlaksana atau tidaknya Deklarasi #2019GantiPresiden, dirinya berkomentar tidak mengetahui. Dirinya mengaku tetap akan menghadiri deklarasi, apabila benar-benar digelar.

"Saya gak tau karena saya bukan panitianya dan bukan pelaksananya. Andaipun ada saya secara pribadi akan turut serta untuk menghadiri sebagai bentuk kepedulian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan sebagai bentuk menjaga keamanan dan kenyamanan aksi damai tersebut," tutupnya. (ak)