Damri Luncurkan E-Ticketing Soetta - Kemayoran

Damri Luncurkan E-Ticketing Soetta - Kemayoran (Nonstopnews.id)

JAKARTA - Untuk memberikan pelayanan prima kepada pengguna transportasi darat, khususnya pelanggan. Perum Damri luncurkan e-ticketing.

Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin mengatakan, sistem tiket elektronik ini bertujuan memudahkan pelanggan memperoleh tiket Bus Damri, di sisi lain juga dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

“Kami berharap masyarakat dapat mendukung sepenuhnya sistem tiket elektronik ini,” kata Setia.

Implementasi sistem tiket elektronik ini, katanya, dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari layanan angkutan Bandar Udara Soekarno-Hatta untuk titik pemberangkatan dari Kemayoran, Bekasi, Rawamangun, dan Mangga Dua.

“Pada akhirnya, seluruh rute bandara nanti akan menerapkan sistem E-ticketing,” tambah Setia.

Pemanfaatan teknologi e-ticketing meliputi ticketing system (schedule management, fare management, passenger management, booking management, ticketing with barcode, revenue accounting and reporting), validation system (mobile validator), serta payment system (integrated to ticketing system, dan integrated gateway system).

Pemanfaatan teknologi dimaksud dapat dijadikan sebagai salah satu wujud dukungan terhadap program pemerintah yang sudah dicanangkan sebelumnya yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) untuk mendorong penggunaan transaksi nontunai oleh masyarakat dalam rangka mewujudkan cashless society.

Setia menegaskan, selain mempermudah masyarakat, digitalisasi ini juga sebagai upaya Perum Damri mencapai visi “Menjadi Perusahaan Transportasi Kelas Dunia yang Handal, Berkinerja Unggul dan Berkelanjutan”. (radarnosntop)