CSR Tak Dirasakan Masyarakat, Walikota Serang : Kita Akan Buat Forum CSR

CSR Tak Dirasakan Masyarakat, Walikota Serang : Kita Akan Buat Forum CSR ()

NONSTOPNEWS.ID - Pembuatan forum corporate social responsibility (CSR) tengah digarap oleh  Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, pasalnya selama ini CSR dari perusahaan yang ada di Kota Serang dinilai tak jelas penyalurannya.

Wali Kota Serang, Syafrudin menyampaikan, penyaluran CSR dilakukan mandiri oleh perusahaan, tidak adanya forum yang terkoordinir juga mengakibatkan penyaluran CSR tidak diketahui secara jelas siapa saja penerima CSR tersebut.

“Selama ini memang CSR di Kota Serang ini acak-acakan, tidak terkoordinir. Jadi dari masing-masing pengusaha itu bertindak masing-masing sendiri, tidak terkoordinir oleh Pemkot Serang,” ujar Syafrudin usai mengadiri Rapat Program Pembinaan dan Peningkatan Perekonomian Daerah, Rabu (2/12/2020).

Diungkapkan Syafrudin, beberapa perusahaan di Kota Serang bahkan ada yang tidak menyalurkan CSR ke masyarakat. Padahal menurutnya, CSR bisa membantu pembangunan di Kota Serang.

“Sehingga, CSR mereka itu ada yang masuk ke masyarakat Kota Serang, ada juga yang keluar Kota Serang. Contohnya PLN, CSR-nya ke pusat, bukan ke pemkot,” terangnya.

Namun dengan penyebaran CSR yang langsung oleh perasahaan, Syafrudin memakluminya, karena di Serang belum terbentuknya forum CSR

Dengan adanya payung hukum, baik Undang-undang, Perda, serta Perwal dan Kepwalnya, Pemkot Serang berharap CSR dapat terkelola dengan baik.

“Jadi, memang Perdanya sudah ada tahun 2010, hanya memang Perwal dan Kepwalnya belum ada. Oleh karena itu, pada hari ini diadakan rapat kaitannya dengan CSR. Mudah-mudahan CSR pengusaha Kota Serang untuk Kota. (bmco/red)