Cagar Budaya Langgar Tinggi di Pekojan Bakal Di Revitalisasi

Cagar Budaya Langgar Tinggi di Pekojan Bakal Di Revitalisasi
Cagar Budaya Langgar Tinggi di Pekojan Bakal Di Revitalisasi
(Nonstopnews.id)

JAKARTA - Plt Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata, Agus Suradika bersama Tim Percepatan Pembangunan, Balai Konservasi Cagar Budaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Unit Pengelola Kawasan Kota Tua serta tim revitalisasi meninjau lokasi Langgar Tinggi salah satu cagar budaya yang berada di Jalan Pekojan Raya, Kel. Pekojan, Kec. Tambora, Jakarta Barat.

Nantinya, Langgar Tinggi sebagai Cagar Budaya yang dibangun tahun 1829 M menjadi bagian Destinasi Wisata penopang wisata Kota Tua di rencanakan akan di revitalisasi dalam rangka percepatan perbaikan bangunan.

Revitalisasi sendiri bertujuan untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai penting  dari cagar budaya dengan penyesuaian baru yang tidak bertentangan dengan prinsip pelestarian dan nilai budaya masyarakat.

"Diupayakan percepatan melalui Dinas Parbud dengan mengedepankan cagar budaya. Kita minta segera dilaksanakan revitalisasi," ujar Agus saat di lokasi, Kamis(15/11/2018)

Sementara itu, Lurah Pekojan, Tri Prasetyo Utomo menambahkan, dengan revitalisasi Langgar Tinggi, salah satu cagar budaya yang ada di Pekojan dapat tetap lestari. Selain itu, diharapkan dengan percepatan revitalisasi, masyarakat setempat maupun para jemaah dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman.

"Kami berharap dengan Revitalisasi dapat melestarikan ornamen dan keaslian Langgar Tinggi yang akan menjadi bagian Destinasi wisata Religi di Pekojan dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaah maupun masyarakat yang melaksanakan ibadah di Langgar Tinggi Pekojan," ucap lurah.(hw)